Bercak Merah pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Bercak merah pada kulit bayi harus diatasi secepat mungkin. Cara yang dianjurkan adalah dengan memakai bahan alami karena aman dan tidak memicu efek samping apapun.

Kulit bayi jauh lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Hal inilah yang membuat bayi seringkali mengalami masalah kulit dari yang ringan sampai yang arah. Berbeda dengan orang dewasa, bayi tidak boleh diberikan obat-obatan kimia yang dijual di pasaran tanpa resep khusus dari dokter. Jadi bercak merah pada kulit bayi harus diobati dengan obat-obatan herbal yang tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Untuk kamu yang ingin memberikan yang terbaik untuk anak, maka memanfaatkan bahan-bahan alami adalah pilihan yang tepat.

bercak merah pada kulit tidak gatal

Cara Alami Mengatasi Bercak Merah pada Kulit Tidak Gatal


Bercak merah pada kulit seringkali menjadi masalah yang disepelekan oleh banyak orang. Biasanya, kulit yang memiliki bercak merah akan terasa gatal. Tapi pada beberapa kasus, adapula bercak yang muncul tapi tidak disertai dengan rasa gatal. Masalah kulit seperti ini biasanya dialami oleh bayi. Munculnya bercak merah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab bercak merah di kulit tapi tidak terasa gatal salah satunya adalah karena penyakit Flu Singapura. Penyakit ini sering menyerang bayi dan anak-anak. Penyebab lainnya adalah Campak, Idiopathic Thrombocytopenic Purpura, penyakit Lupus dan lain sebagainya. Nah, di bawah ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bercak merak pada kulit bayi.

1. Jahe
Jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah menghilangkan bercak merah di kulit bayi. Jika bercak merah tersebut terasa gatal, jahe juga sangat ampuh untuk menghilangkan gatal tersebut. Bahan alami ini tentunya bisa ditemukan dengan mudah mulai dari pasar hingga minimarket terdekat. Sehingga semakin mudah pula kamu melakukan penanganan pada kulit anak.

Bacaan lainnya : Cara Memutihkan Badan Dengan Cepat dan Mudah

2. Kulit Pisang
Semua bagian tanaman buah pisang ternyata bisa dimanfaatkan untuk manusia. Bahkan kulit pisang pun bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Buah pisang mengandung vitamin yang tinggi. Setelah diteliti oleh para ahli, kulit pisang juga mengandung nutrisi terbaik yang bisa menghilangkan bercak merah yang ada pada kulit. Cukup dengan memijatnya secara perlahan dan lembut pada kulit yang ruam, maka perlahan penyakit kulit akan segera sembuh.

3. Lidah buaya
Kandungan lidah buaya dapat mendinginkan kulit. Obat herbal ini juga berkhasiat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Dengan begitu, bercak merah akan segera memudar. Cara pemakaiannya juga sangat mudah. Karena kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang merah. Gunakan cara ini secara rutin agar proses penyembuhan bisa lebih cepat. Mengingat bahan ini alami, tentunya kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan kulit bayi.

4. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi peradangan pada kulit. Dilain sisi, minyak zaitun juga memiliki kandungan anti virus dan anti bakteri yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah penyakit kulit yang memicu munculnya bercak merah. Hanya dengan mengoleskannya dengan rutin pada bagian kulit yang sakit, maka perlahan bercak merah tersebut akan menghilang. Minyak zaitun juga dapat menghaluskan dan melembabkan kulit bayi.

 

Mengatasi Bercak Merah pada Kulit Paha dengan Bahan Alami

Banyak orang mengalami masalah kulit di bagian paha. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat paha adalah bagian tubuh yang sering tertutup celana sehingga mudah berkeringat dan tergesek. Kulit yang sering berkeringat karena pakaian yang terlalu ketat bisa memicu munculnya penyakit kulit seperti eksim, biang keringat dan lain sebagainya. Penyebab utama bercak merah di bagian kulit paha biasanya adalah bakteri atau jamur. Bercak merah yang muncul di paha seringkali dialami oleh bayi. Hal tersebut tentu saja karena kulit bayi yang masih sangat sensitif. Cara mengobati bercak merah di kulit bayi lebih dianjurkan karena aman dan tidak meninggalkan efek samping. Bercak merah pada bayi ini memang harus segera diatasi agar tidak menyebar pada bagian lainnya. Di bawah ini merupakan beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi bercak merah di kulit paha bayi.

1. Kayu manis
Rempah yang satu ini seringkali dijadikan sebagai bahan penyedap rasa masakan. Kayu manis mengandung senyawa anti jamur yang mampu mengobati penyakit kulit akibat infeksi. Bahan alami ini sangat aman untuk kulit bayi karena tidak menyebabkan iritasi seperti obat-obatan kimia pada umumnya.

2. Bawang Putih
Bawang putih dikenal sebagai obat alami yang sangat mujarab untuk mengatasi bercak merah di kulit paha bayi. Selain itu, bawang putih juga mengandung antivirus serta antibakteri yang mampu mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

3. Lengkuas
Bahan herbal yang satu ini sudah terkenal sejak dulu sebagai obat alami yang berkhasiat untuk mengatasi masalah jamur kulit. Cukup dengan menggosoknya dengan lembut pada paha bayi, maka bercak merah yang disebabkan oleh bakteri akan sembuh secara perlahan.

4. Tanaman Dewa Merah
Sekedar informasi dewa merah adalah tanaman herbal yang mengandung senyawa antibiotik. Sehingga dapat melawan virus dengan cepat dan mudah. Tanaman ini juga bisa mengobati kulit yang memerah baik karena virus, bakteri ataupun jamur.

5. Jintan Hitam
Bahan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati bercak merah di paha bayi adalah jintan hitam. Obat herbal ini bisa digunakan untuk menghilangkan peradangan dan bercak merah secara maksimal. Kandungan antioksidan dalam obat herbal ini juga dapat mencegah kulit bayi terserang penyakit berbahaya seperti herpes, kanker kulit dan lain sebagainya.

6. Daun Binahong
Daun binahong memiliki kandungan antibiotik yang sangat ampuh untuk menyamarkan bercak merah pada paha bayi. Cara pemakaiannya adalah kamu haluskan daun binahong. Kemudian oleskan secara lembut pada bagian paha bayi yang merah.

7. Teh Hijau
Khasiat teh hijau untuk mengatasi masalah kulit pada bayi memang sudah dibuktikan oleh banyak orang. Hal ini tentu saja karena kandungan teh hijau yang kaya akan manfaat. Teh hijau bisa mengurangi bercak merah sekaligus menghaluskan dan melembabkan kulit bayi. Dengan menggunakan obat herbal ini, maka kulit bayi tidak akan bersisik karena terlalu kering. Menariknya lagi, teh hijau juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit herpes.

8. Madu
Madu mengandung senyawa antioksidan dan propolis yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, masalah kulit bayi bisa diatasi dengan cepat. Termasuk masalah bercak merah pada paha bayi. Madu juga bisa membunuh bakteri dan virus yang menjadi penyebab munculnya masalah kulit. Jadi tidak mengherankan jika penggunaan madu sangat dianjurkan untuk kamu yang ingin mengobati penyakit kulit pada bayi.

Bisa dilihat dari informasi di atas bahwa pada dasarnya, ada banyak sekali bahan herbal yang bisa diaplikasikan pada bayi untuk mengobati penyakit kulit yang dialami. Tentu saja, bahan-bahan alami tidak akan memberikan efek buruk pada kulit bayi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Sekian informasi mengenai cara mengatasi bercak merah pada kulit pada paha bayi, semoga bermanfaat.

Check Also
manfaat kulit melinjo bagi kesehatan dan ibu hamil
Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat kulit melinjo tidak hanya sedap untuk tambahan sayur saja. Di bidang kesehatan kulit melinjo …