Bintik Merah Pada Kulit Bayi dan Cara Menanganinya

Bintik merah pada kulit bayi memang kadang terjadi karena beberapa alasan. Bisa akibat dari biang keringat, ataupun alergi popok bayi. Hal ini perlu diwaspadai agar bunda bisa menentukan apakah kondisi ini normal atau pertanda dari penyakit lain.

Timbulnya bintik merah pada kulit balita ini memang sangat mengkhawatirkan ya bunda. Meskipun hal ini umum terjadi pada bayi, bunda harus tetap waspada dan memastikannya dengan melakukan pemeriksaan pada dokter jika kondisi ini terjadi terus-menerus. Bintik merah yang muncul pada kulit bayi normalnya terjadi karena kulitnya yang sangat sensitif saat sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Untuk bayi yang mengalami bintik merah ringan, memang masih dapat diatasi dengan perawatan sendiri di rumah yaitu dengan memberi minyak telon. Namun apabila timbul gejala lainnya, bunda harus segera berkonsultasi dan memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui diagnosis dan pengobatannya. Karena bila dibiarkan, dikhawatirkan muncul penyakit lain yang lebih serius pada bayi.

bintik merah pada kulit bayi

Cara Menghilangkan Bintik Merah Pada Kulit Bayi Dengan Tepat


Ketika menemukan bintik-bintik merah pada kulit bayi, yang harus bunda lakukan adalah jangan dulu panik, pastikan dulu penyebab kemungkinan terbesarnya. Contohnya lihatlah pada pakaiannya, apakah membuat bayi merasa kepanasan atau tidak. Karena pakaian bayi yang kurang nyaman dapat menimbulkan biang keringat yang kemudian timbul bintik merah. Atau bisa juga karena alergi dari makanan, dari popok yang digunakan ataupun debu rumah. Untuk mengatasinya, berikut cara yang bisa bunda lakukan untuk menghilangkan bintik merah pada kulit balita secara tepat:

1. Memilihkan baju bayi yang tepat dan nyaman
Pakaian yang dikenakan bayi sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulitnya. Pakaian yang panas dan tidak nyaman dapat menyebabkan ruam merah. Untuk itu, agar bintik atau ruam merahnya cepat hilang, bunda perlu memilihkan baju yang tepat dan nyaman dipakai oleh si buah hati. Seperti baju yang berbahan katun serta memiliki tekstur yang lembut. Hal ini dikarenakan bahan baju katun yang bertekstur lembut dapat memperlancar sirkulasi udara. Pori-pori dari tekstur kainnya yang cukup besar, dapat menyerap keringat dengan baik. Dengan demikian tidak akan memunculkan bintik merah akibat biang keringat.

Baca Juga : Cara Memutihkan Badan Dengan Cepat dan Mudah

2. Menjaga kebersihan rumah
Bintik merah di kulit bayi juga bisa disebabkan dari faktor rumah yang kurang bersih. Kulit bayi sangat sensitif terhadap debu. Ruangan bayi yang kurang bersih akan sangat mempengaruhi sirkulasi udara yang masuk. Dan bila sirkulasi udaranya kurang baik, maka dapat menimbulkan alergi yang menyebabkan terjadinya bintik merah pada kulit. Untuk itu, ruangan kamar bayi harus selalu terjaga kebersihannya agar kondisi ruam merah ini bisa segera hilang dan tidak timbul lagi. Ini langkah awal yang mudah dan harus bunda lakukan untuk buah kecil tercinta.

3. Menggunakan popok berkualitas
Kondisi ruam merah pada kulit bayi juga bisa disebabkan oleh popok yang tidak cocok dengan kulit bayi sehingga menimbulkan rasa panas dan alergi. Saat ruam merah terlihat di bagian kulit pantat bayi, maka untuk mengatasinya adalah segera ganti popok dengan yang lebih berkualitas dan memiliki pori-pori yang besar agar dapat menyerap cairan dengan lebih baik. Bila sudah menggunakan popok yang berkualitas, ruam merah pada kulit bayi akan segera berkurang dan hilang dengan cepat.

4. Mencuci bersih area kulit yang terkena bintik merah
Bila bintik merah terjadi pada kulit bayi di bagian lipatan leher, lipatan tangan, muka, ataupun selangkangan, maka untuk segera menghilangkannya segera cuci dengan air hangat. Caranya, bersihkan bagian kulit yang terinfeksi menggunakan sabun dan air hangat. Cara ini sangat efektif karena dapat membersihkan bakteri atau biang keringat yang menyebabkan bintik merah.

5. Mengoleskan minyak pada bayi
Bintik merah yang timbul pada kulit bayi juga bisa disebabkan karena gigitan serangga seperti nyamuk dan semut. Untuk menghilangkannya, bunda bisa mengoleskan minyak kayu putih, minyak telon, atau minyak tawon pada area yang terdapat bintik merah. Dengan cara ini ruam-ruam merah pada kulit bayi dapat segera hilang.

6. Memberikan asupan cairan yang cukup pada bayi
Bintik-bintik merah yang timbul pada kulit bayi dapat pula diakibatkan oleh infeksi virus. Untuk segera menghilangkannya, berikan asupan cairan seperti ASI dan air putih yang cukup untuk bayi. Selain itu, kualitas ASI harus berkualitas. Caranya jagalah pola makan keseharian bunda dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tinggi nutrisi.

 

Cara Mengatasi Bintik Merah Bernanah Pada Kulit Bayi

Bintik merah bernanah atau pustula pada kulit bayi sering kali terjadi diakibatkan oleh biang keringat. Biang keringat ini biasanya muncul jika bayi terkena suhu lembab dan panas selama beberapa hari. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh pakaian bayi yang terlalu tebal yang membuat bayi cepat merasa gerah setelah bergerak. Terlebih lagi untuk bayi yang belum bisa duduk atau telungkup, kondisi ini sangat rentan terjadi. Bila kondisi bintik merah bernanah terjadi pada bayi bunda, lakukan cara-cara berikut untuk mengatasinya:

1. Selalu menjaga kebersihan bayi
Agar bintik merah bernanah pada kulit bayi cepat mereda, bunda harus selalu menjaga kebersihan bayi dan lingkungannya. Seperti memperhatikan kebersihan rumah dan kamar bayi. Selain itu, mandikan bayi 2x sehari setiap harinya. Gunakan sabun khusus bayi dan air hangat untuk membersihkan badan bayi. Tubuh bayi yang selalu bersih dapat terhindar dari bakteri atau virus yang masuk ke dalam kulit.

2. Gunakan pakaian longgar pada bayi
Kondisi bintik merah bernanah pada bayi ini memang sangat mengkhawatirkan para orang tuanya. Namun jangan dulu panik, lakukanlah hal-hal kecil ini dulu yang bisa bunda lakukan di rumah. Seperti memperhatikan baju bayi yang dikenakan. Karena bila baju yang digunakan bayi terlalu ketat atau pas, dapat membuat rasa tidak nyaman dan menyebabkan biang keringat dan bintik merah. Untuk itu, segera ganti baju bayi bunda dengan baju-baju yang longgar dan dapat menyerap keringat dengan baik. Dengan cara ini, bintik merah dapat segera hilang.

3. Menggunakan lotion bayi
Untuk membantu mengatasi bintik merah bernanah pada bayi, bunda bisa menggunakan lotion bayi pada area yang terkena bintik merah. Penggunaan lotion bayi dapat memberikan sensasi dingin pada kulit bayi yang bisa meredakan rasa panas dan gatal dari bintik-bintik merah pada kulit.

4. Selalu berikan ASI eksklusif
Cara berikutnya yang terbilang begitu ampuh untuk dalam mengatasi kondisi ini adalah dengan selalu memberikan ASI eksklusif untuk bayi. ASI eksklusif dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi, sehingga bisa cepat meredakan bintik merah bernanah pada kulit bayi akibat virus atau bakteri. Berikanlah ASI ekslusif untuk si buah hari selama 2 tahun agar bayi kebal terhadap serangan penyakit.

5. Istirahatkan bayi dengan cukup
Memberikan bayi waktu istirahat secara cukup dan teratur dapat mempercepat proses penyembuhan bintik merah bernanah pada kulit bayi. Dengan istirahat yang cukup, bintik merah pada bayi akan segera hilang dalam beberapa hari dengan sendirinya.

Demikian beberapa cara mudah untuk membantu mengatasi bintik merah pada kulit bayi. Namun bila kondisi ini terus berlanjut dalam waktu yang lama, atau menimbulkan gejala lain seperti demam tinggi, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat agar bisa diobati dan ditangani dengan tepat.