Cara Menghilangkan Gatal di Badan yang Ampuh

Cara menghilangkan gatal di badan tidak boleh sembarangan dan jangan dianggap remeh. Gatal-gatal di badan bisa diobati dengan cara alami maupun secara medis.

Gatal-gatal di seluruh badan bisa saja menyerang siapapun. Hal tersebut dikarenakan gatal-gatal bisa disebabkan oleh banyak hal. Gatal-gatal di badan pun ada yang ringan dan ada yang berat. Gatal-gatal yang hanya dikarenakan terkena debu dan tidak sampai memunculkan ruam-ruam merah bisa dihilangkan dengan hanya mandi. Lain halnya dengan rasa -gatal yang sudah parah. Cara menghilangkan gatal di badan tidak boleh sembarangan. Seringkali masyarakat menganggap remeh gatal di badan dan hanya menggunakan bedak atau salep saja. Jika gatal ringan maka mungkin saja bisa sembuh, akan tetapi kalau berat harus mendapatkan penanganan yang lebih serius.

cara menghilangkan gatal di badan

Cara Menghilangkan Gatal di Badan Secara Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa menyembuhkan gatal di seluruh badan. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk pengobatan sering dicari masyarakat. Selain karena mudah dijumpai, bahan-bahan alami biasanya minim efek samping jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Keuntungan dari menggunakan bahan alami juga karena bisa dipakai segala umur, baik anak-anak maupun dewasa. Berikut cara menghilangkan gatal di badan secara alami.

  1. Daun Salam

Daun salam yang dikenal sebagai bumbu dapur ini ternyata juga bisa dijadikan obat gatal-gatal di badan. Kandungan antibiotiknya bisa menghilangkan rasa gatal yang ada di badan. Cara menggunakannya adalah dengan cara mencuci bersih daun salam, kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah halus, oleskan daun salam tersebut ke area yang gatal. Kamu bisa menambah daun salam jika sekiranya area yang gatal terlalu banyak. Daun salam bisa dijumpai di kebun-kebun maupun di pasar.

Bacaan Lainnya : Penyakit Kulit dan Obatnya Secara Alami dan Medis

  1. Ramuan Daun Sirih dan Kulit Manggis

Ramuan daun sirih dan kulit manggis adalah solusi menghilangkan gatal yang terjadi di seluruh tubuh. Daun sirih memang terkenal sebagai obat antibiotik yang membasmi segala bakteri dan jamur. Cara menggunakannya adalah dengan mencuci bersih 20 lembar daun sirih dan 100 gram kulit manggis. Setelah bersih kemudian rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih. Angkat dan biarkan sejenak. Setelah air rebusan dirasa sudah hangat, maka basuhkan ke area tubuh yang gatal. Ramuan ini bisa digunakan jika gatal dirasakan di seluruh tubuh.

  1. Ramuan Jahe

Jahe adalah salah satu bahan obat tradisional yang bisa juga digunakan sebagai obat penghilang gatal. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan 30 gram jahe. Cuci jahe-jahe tersebut hingga bersih. Siapkan beras putih secukupnya, cuka 60 cc dan gula merah secukupnya. Rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan air 800 cc. Rebus hingga air berkurang setengahnya. Setelah selesai, tunggulah sampai dingin. Saring ramuan yang sudah dingin tersebut, lalu minum sebanyak 3 kali sehari. Ramuan jahe akan membasmi bakteri penyebab gatal dari dalam tubuh.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki khasiat yang tinggi. Segala macam masalah kesehatan seperti masalah rambut, masalah kulit, bisa disembuhkan dengan menggunakan lidah buaya. Hal itu termasuk masalah gatal-gatal pada tubuh. Cara menggunakannya adalah dengan memanfaatkan gel yang ada di dalam kulit lidah buaya. Lidah buaya yang sudah dicuci bersih kemudian dikupas dan diambil gelnya. Gel tersebut kemudian dioleskan ke bagian  tubuh yang gatal-gatal. Sensasi dingin yang ditimbulkan oleh gel tersebut akan mengurangi rasa gatal yang menyiksa tubuh. Lakukan hal tersebut 3 kali sehari agar gatal-gatal di tubuh kamu bisa cepat sembuh.

  1. Kulit Pisang

Tidak ada yang menyangka bahwa kulit pisang yang selama ini dianggap tidak berharga ternyata bisa digunakan sebagai obat. Kulit pisang ternyata berkhasiat untuk menghilangkan gatal. Bagaimana cara menggunakannya?. Pertama-tama ambil kulit pisang yang masih bersih. Kerok bagian dalam kulit pisang kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang gatal. Pijat-pijat dan diamkan selama 10 menit, kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan pengobatan dengan kulit pisang tersebut sebanyak 3 kali sehari.

 

Cara Menghilangkan Gatal-Gatal di Badan

Selain mengobati dengan bahan alami, ada juga obat yang memang disediakan untuk mengobati gatal-gatal yang ada di tubuh. Obat-obat tersebut biasanya berbentuk salep, bedak, bahkan pil. Obat untuk mengatasi gatal biasanya dapat dijumpai di apotek-apotek terdekat sesuai dengan resep dokter. Berbeda dengan obat alami, obat-obat yang ada di apotik tidak boleh digunakan secara sembarangan. Penggunaannya harus atas sebab yang tepat dan dengan pengawasan dokter. Berikut obat-obat apotik yang bisa menyembuhkan gatal-gatal di badan.

  1. Antihistamin CTM

Antihistamin adalah sejenis obat oral yang bisa digunakan untuk mengatasi gatal di tubuh. Obat ini akan menghambat penyebab rasa gatal yang ada di dalam tubuh. Kamu bisa menggunakan obat CTM yang termasuk Antihistamin dengan cara mengonsumsinya. Minum obat Antihistamin CTM ini 3 kali sehari atau sesuai resep dokter. Selain menggunakan CTM, kamu juga bisa menggunakan Loratadine dan Cetirizine. Obat-obat tersebut memiliki efek samping adanya rasa kantuk. Oleh karena itu, jangan berkendara sesudah mengonsumsinya.

  1. Sabun Antiseptik JF Sulfur

Sabun antiseptik bisa ditemukan di apotek-apotek terdekat. Kandungan belerang pada sabun antiseptik JF Sulfur akan menghilangkan bakteri dan kuman penyebab gatal-gatal yang ada di tubuh. Karena bentuknya adalah sabun maka cara menggunakannya adalah mandi dengan sabun antiseptik. Kamu juga bisa menggunakan sabun antiseptik sebagai pencegah kuman masuk ke tubuh dengan cara mencuci tangan sebelum dan sehabis melakukan aktivitas.

  1. Krim Kortikosteroid

Krim Kortikosteroid biasanya berbentuk salep. Krim ini memiliki fungsi sebagai anti alergi dan pereda peradangan yang disebabkan oleh gatal-gatal. Oleskan krim ini di bagian tubuh yang gatal 3—4 kali sehari. Perhatikan juga petunjuk dokter tentang obat ini karena krim Kortikosteroid hanya bisa mengobati gatal-gatal jenis tertentu saja. Jika penggunaannya tidak tepat, bisa-bisa tidak menyembuhkan malah akan menimbulkan penyakit gatal-gatal yang lain. Pastikan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kemudian jika dokter menganjurkan untuk memakai krim ini maka lakukan, jika tidak maka tidak perlu memakai krim ini.

  1. Antidepresan

Antidepresan seperti Fluoxetine dan Sertraline adalah obat untuk mengurangi gatal-gatal yang ada di tubuh. Antidepresan akan mendorong pelepasan seretonin yang fungsinya untuk menekan reseptor pada tubuh yang memicu gatal-gatal. Namun sayangnya, obat ini tidak boleh sembarang dikonsumsi. Harus sesuai resep dokter. Hal tersebut dikarenakan, obat ini pada umumnya digunakan untuk mengobati khusus gangguan psikologis seperti halnya depresi. Oleh karena itu, obat ini dinamakan antidepresan.

Penyebab gatal yang berbeda tentu obatnya pun akan berbeda. Jadi, pastikan kamu bertanya dulu ke dokter atau petugas apotik, obat apa yang tepat untuk mengatasi gatal yang ada di tubuhmu. Jika gatal-gatal di tubuh itu menyerang maka jangan sekali-kali menggaruk dengan keras karena akan menyebabkan luka yang nantinya bisa membekas. Cara menghilangkan gatal di badan memang bisa dilakukan dengan cara alami maupun medis. Akan tetapi tetap harus periksa dulu ke dokter. Pastikan bahwa gatal-gatal diderita tidak berbahaya.

Check Also
tensi darah tinggi dan cara menurunkannya
Tensi Darah Tinggi dan Cara Mengatasinya

Tensi darah tinggi selalu menjadi permasalahan yang serius, apabila dibiarkan dalam waktu yang lama akan …