Cara Mengusir Kecoa yang Ampuh di Rumah dan Mobil

Cara mengusir kecoa bisa dilakukan dengan membersihkan rumah dan mobil setiap hari. Selain itu Kamu juga dapat menggunakan solusi praktis yaitu menyemprotkan racun serangga.

Cara mengusir kecoa yang terbang atau hinggap di kamar paling mudah adalah dengan membuang barang bekas yang tidak diperlukan. Jenis binatang menjijikkan ini hidup dan berkembang biak di area yang kotor dan lembab. Gudang menjadi tempat yang sering digunakan sebagai sarang kecoa karena kondisinya gelap dan jarang dibersihkan. Serangga ini sangat sulit dihilangkan sebab gerakannya lincah dan terkadang terbang ke tempat lainnya. Bila ingin rumah dan mobil terbebas dari segala macam hama dan binatang yang berbahaya, rajinlah membersihkan setiap pojok rumah dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

cara mengusir kecoa terbang yang ampuh di rumah dan mobil 

Cara Mengusir Kecoa Terbang di Rumah


Pasti kamu pernah melihat binatang ini datang ke kamarmu tanpa permisi. Beberapa orang tidak takut dengan kecoa, melainkan jijik dan respon tercepatnya adalah lari meninggalkan ruangan tersebut. Padahal jika tidak segera diusir, serangga ini bisa berkembang biak di almari atau kardus yang ada di kamar. Untuk mencegahnya kamu bisa mengambil sapu lalu balikan badan binatang menjengkelkan tersebut. Lama kelamaan kondisinya akan lemas dan mati. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membasmi kecoa, beberapa diantaranya adalah:

  1. Mentimun

Tak ada yang menyangka kalau sayuran ini ternyata bisa dipakai untuk mengusir serangga pengganggu. Jika kamu memiliki kaleng kosong, masukkan irisan mentimun kedalamnya lalu taruh di ruangan yang banyak kecoanya. Reaksi antara mentimun dan kaleng dapat menghasilkan bau yang tidak disukai oleh hewan berbentuk pipih ini. Langkah ini sangat mudah dilakukan dan ruangan kamu bisa bersih kembali seperti sedia kala. Tips cara mengusir kecoa pertama ini sangat ampuh dan patut di coba.

Baca juga : Cara Make Up Pengantin Modern dan Natural – Pancarkan Kecantikanmu

  1. Daun salam

Daun salam sering dipakai untuk bumbu dapur pelezat makanan. Bau yang dihasilkan oleh daun ini ternyata mampu mengusir kecoa yang bersarang di rumah. Caranya cukup sederhana, gunakan seikat daun salam lalu letakkan di tempat yang sering dijadikan berkembang biak binatang tersebut. Kamu juga dapat menaruh daun ini disela-sela buku agar kondisinya tetap terjaga dan tidak rusak karena serangan kecoa dan serangga lainnya.

  1. Air panas

Cara mengusir kecoa yang paling ampuh adalah dengan membersihkan telurnya yang biasa tersembunyi di sudut kamar dan kolong almari atau tempat tidur. Jika kamarmu ada kecoanya segera cari sumbernya karena disitulah banyak terdapat telur yang menjadi cikal bakal bertambahnya jumlah serangga ini. Segera bersihkan dengan menggunakan air panas agar telurnya mati semua dan tidak ada yang tersisa.

  1. Obat pembasmi serangga

Ini adalah produk yang wajib ada di rumah yang bisa dibeli di toko atau mini market terdekat. Selain efektif untuk membunuh kecoa, juga dapat membasmi jenis serangga lainnya seperti nyamuk, lalat, dan lain-lain. Jauhkan dari jangkauan anak-anak serta simpan di tempat yang kering dan aman. Cuci tangan setelah menyemprot agar obat itu tidak terbawa masuk ke tubuh saat kamu makan.

  1. Lemon

Selain menggunakan obat kimia, kamu juga dapat menggunakan larutan yang terbuat dari perasan lemon. Campurkan cairan tersebut dengan air lalu gunakan untuk mengepel kamar dan seluruh ruangan yang ada di rumah. Bau segar yang dihasilkan buah ini tidak disukai oleh kecoa sehingga koloni serangga tersebut akan keluar dari tempat tinggalmu. Selain itu mengusir serangga, bahan alami ini juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Jadi jika ingin hemat biaya, gunakan lemon untuk obat anti kecoa yang sudah terbukti khasiatnya.

 

Cara Mengusir Kecoa di Mobil

Sebenarnya munculnya kecoa didalam mobil adalah sesuatu yang langka kecuali jika pemiliknya memang jorok dan tidak pernah membersihkan kendaraannya. Serangga ini datang bukan tanpa sebab, kebiasaan meninggalkan sisa makanan bisa mengakibatkan masuknya binatang bersayap ini. Jika kamu suka membawa kardus baik itu tempat sepatu maupun keperluan lainnya, sebaiknya jangan dibiasakan karena dapat menjadi sarang kecoa. Ada banyak cara untuk membasmi serangga menjijikan yang ada di mobil, antara lain:

  1. Kapur barus

Cara mengusir kecoa baik yang ada didalam kendaraan maupun rumah adalah dengan menggunakan kapur barus. Kabin menjadi area yang paling sering dihinggapi serangga berwarna cokelat ini. Taruh produk tersebut di kabin dan area lainnya. Jangan terlalu banyak karena bau yang dihasilkan sangat menyengat. Karena kandungan kapur barus ini sangat berbahaya, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

  1. Cairan sabun

Kamu bisa menggunakan cara yang satu ini yang terbilang efektif dalam membasmi kecoa. Masukkan larutan sabun kedalam botol lalu semprotkan langsung pada bagian tubuh serangga tersebut. Jangan jijik ataupun takut jika ingin kecoa cepat mati. Manfaat air sabun adalah menyumbat pori-pori yang membuat serangga susah bernafas. Ini merupakan solusi ampuh yang sudah terbukti khasiatnya.

  1. Obat kumur

Fungsi utama dari produk ini adalah membersihkan kuman yang ada di mulut. Kamu juga bisa memanfaatkan obat kumur untuk membasmi kecoa yang ada di kendaraan. Jika cairan ini terkena serangga, akan menyebabkan kondisinya lemah dan lama kelamaan akan mati dengan sendirinya. Karena harga produk ini cukup mahal sebaiknya gunakan seperlunya saja dan jangan berlebihan.

  1. Serai

Banyak bahan alami yang mengeluarkan bau menyengat yang tidak disukai oleh kecoa. Selain lemon, serangga ternyata benci dengan bau serai. Bumbu masak ini memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi racun kecoa dengan cara menumbuk daun hingga baunya keluar. Bagi manusia, daun ini sangat harum dan menenangkan. Namun untuk serangga bersayap ini, serai adalah racun yang mematikan. Karena ramuan ini terbuat dari resep alami, jadi tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

  1. Bawang putih

Jika keluargamu ada yang masih kecil, sebaiknya gunakan racun serangga yang terbuat dari ekstrak alami seperti bawang putih. Penggunaannya dengan cara disemprotkan langsung ke tempat yang sering dijadikan sarang serangga. Untuk membuat obat anti kecoa ini, caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk halus bawang putih ditambahkan sedikit lada dan bawang bombay. Setelah itu larutkan kedalam satu liter air dan cairan ini siap kamu gunakan. Selain tidak berbahaya, harganya juga murah dan gampang di temukan.

  1. Aromaterapi

Fungsi dari minyak ini selain dapat menenangkan ruangan ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa dan mencegahnya datang kembali. Pengaplikasiannya dengan menyemprotkan ke sudut bagian mobil yang menjadi tempat berkembangbiak serangga ini. Tidak perlu banyak-banyak, secukupnya saja. Atau kamu bisa memasangnya di dashboard mobil untuk dijadikan pengharum. Kecoa dan binatang menjijikan lainnya tidak menyukai bau yang dihasilkan oleh produk ini.

Kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan ternyata memberikan dampak buruk bagi tempat tinggal dan mobil Kamu. Jika sampai banyak serangga yang datang, solusi terbaiknya adalah menggunakan cara mengusir kecoa yang sudah disebutkan diatas. Kamu bisa membeli obat anti serangga di toko atau membuat sendiri dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitarmu.

Check Also
cara agar rambut tidak mengembang setelah keramas
Cara Agar Rambut Tidak Mengembang, Perawatan Secara Alami dan Mudah

Cara agar rambut tidak mengembang begitu banyak yang bisa Kamu aplikasikan untuk mencegah dan mengatasi …