Ciri Ciri Kanker Kulit di Bagian Wajah

Ciri ciri kanker kulit bisa dikenali dengan mudah. Dengan mengetahuinya, maka penanganan bisa dilakukan secepat mungkin.

Kanker kulit adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Penyakit ini bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia ataupun gender. Sudah banyak orang yang menderita kanker kulit yang berakhir pada kematian. Tapi sebenarnya, penyakit ini bisa diobati jika kamu mengetahui ciri ciri kanker kulit. Karena pada dasarnya, penanganan yang lebih dini dapat memperbesar peluang keberhasilan pengobatan penyakit kanker. Kanker kulit memang lebih jarang dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Tapi tetap saja, penyakit ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kanker kulit. Mulai dari radikal bebas, paparan bahan kimia, dan lain sebagainya.

ciri ciri kanker kulit di wajah yang menyerupai jerawat

Apa Saja Sich Ciri Ciri Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat?


Sama halnya seperti kanker jenis lainnya, kanker kulit juga menunjukkan gejala-gejala tertentu. Jerawat adalah salah satu ciri-ciri dari munculnya penyakit kanker kulit. Seperti yang diketahui bahwa jerawat merupakan benjolan kecil yang biasanya ada pada bagian wajah. Jerawat muncul karena adanya debu dan kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah. Sehingga bakteri dapat berkembang dengan mudah. Namun tahukah kamu bahwa ternyata, jerawat bisa dijadikan sebagai indikasi adanya masalah pada jaringan kulit. Bahkan, kamu juga bisa mengetahui gejala kanker kulit melalui jerawat. Lantas, apa saja ciri ciri kanker kulit yang bisa dilihat dari jerawat? Inilah ulasan lengkapnya.

  1. Tidak menghilang lama

Jerawat normal akan hilang dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu. Setelah sembuh, jerawat akan meninggalkan bekas yang akan hilang dalam waktu yang sedikit agak lama. Tapi apabila dalam hitungan bulan dan tahun jerawat kamu tidak sembuh, maka sudah sepatutnya kamu waspada. Karena kemungkinan jerawat tersebut adalah gejala dari penyakit kanker kulit. Apalagi jika jerawat tersebut bertambah banyak.

Bacaan lainnya : Manfaat Serum Wajah yang Wajib kamu ketahui

  1. Berbentuk Asimetris

Bentuk jerawat biasanya bulat. Tapi saat kamu menemukan jerawat dengan bentuk asimetris, maka bisa jadi jerawat tersebut adalah ciri-ciri dari munculnya kanker kulit. Memang, membedakan bentuk jerawat yang normal dengan kanker kulit agak sedikit sulit.  Tapi jika diperhatikan secara seksama, jerawat yang disebabkan oleh kanker kulit memiliki bentuk yang tidak beraturan pada bagian sisi kanan dan kirinya.

  1. Warna

Umumnya, jerawat berwarna kemerahan. Pada bagian tengah akan terlihat bintik putih. Namun, adapula yang tidak memiliki bintik putih. Sementara jerawat yang disebabkan oleh kanker kulit umumnya memiliki warna gelap dan tidak merata. Biasanya warna jerawat yang sering muncul adalah cokelat dan hitam.

  1. Diameter Jerawat

Jerawat memiliki ukuran yang berbeda-beda, dari yang kecil hingga yang besar. Jerawat yang besar akan mengecil dalam waktu beberapa hari apabila sudah mengempis. Lain halnya jika jerawat tersebut disebabkan oleh kanker kulit. Dimana jerawat ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jerawat pada umumnya. Selain itu, diameter jerawat juga seringkali berubah dan terlihat tidak wajar.

  1. Tekstur

Selain dilihat dari ukurannya, kamu juga bisa membedakan antara jerawat normal dengan jerawat kanker kulit melalui teksturnya. Jerawat karena kanker kulit memiliki tekstur yang kasar. Berbeda dengan jerawat biasa yang meskipun berukuran  besar tetap terasa halus. Bagian pinggir jerawat kanker kulit biasanya akan terasa lebih kasar daripada bagian tengahnya.

 

Ciri Ciri Kanker Kulit di Wajah yang Harus Kamu Kenali

Kanker kulit memang tidak dekat dengan bagian organ vital lain dalam tubuh. Tapi penyakit ini masih berpotensi membuat penderitanya meninggal. Pada dasarnya, gejala kanker kulit bisa diidentifikasi dengan mudah oleh siapa saja. Untuk melakukan penanganan sedini mungkin, sangat penting bagi penderita kanker kulit mengetahui ciri-ciri munculnya penyakit ini. Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa ciri dari kanker kulit di area wajah.

  1. Bagian pinggir jerawat tidak rata

Kanker kulit akan menyebabkan munculnya jerawat yang hampir terlihat sama dengan jerawat pada umumnya. Apabila pada bagian pinggir benjolan tersebut terasa tidak rata dan kasar, bisa jadi jerawat tersebut adalah gejala kanker kulit. Jerawat yang dikarenakan kanker kulit biasanya memiliki warna yang gelap yaitu hitam dan cokelat. Bentuk jerawat ini juga tidak simetris sehingga mudah untuk diidentifikasi. Benjolan kanker kulit seringkali berubah-ubah baik dari segi bentuk ataupun ukurannya.

  1. Mempunyai tompel

Tompel tidak hanya dikenal sebagai tanda lahir. Karena dalam dunia medis, tompel atau tahi lalat berukuran besar yang ada di wajah bisa jadi merupakan pertanda adanya kanker kulit. Tompel biasa memiliki ukuran oval atau bulat. Tompel atau tahi lalat yang semakin besar seiring dengan berjalannya waktu bisa memicu munculnya penyakit kanker kulit. Sebelum bertambah parah, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah tahi lalat atau tompel pada wajah masuk dalam kategori normal atau tidak.

  1. Memiliki tahi lalat dalam jumlah yang banyak

Sebenarnya, mempunyai tahi lalat adalah hal yang wajar. Kondisi ini menjadi abnormal atau tidak wajar ketika tahi lalat yang kamu miliki berjumlah banyak. Apalagi jika tahi lalat tersebut semakin bertumbuh besar setiap waktu. Tahi lalat yang tidak normal akan terasa gatal. Hal ini menunjukkan bahwa tahi lalat yang disebabkan oleh kanker kulit tumbuh semakin besar. Tahi lalat yang normal biasanya tidak akan menimbulkan rasa nyeri. Tapi tahi lalat sebagai gejala kanker akan terasa sakit dan nyeri.

  1. Tepi tahi lalat berwarna kemerahan

Tahi lalat yang dikarenakan kanker kulit memiliki warna kemerahan pada bagian tepinya. Jika semakin parah, maka warna kemerahan tersebut akan tersebar ke bagian kulit luar tepi lainnya. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh tahi lalat ini cukup menyakitkan. Sebelum warna tahi lalat ini semakin menyebar, sangat dianjurkan untuk kamu baik memeriksakan kondisi sesegera mungkin untuk penanganan dini.

  1. Tahi lalat berdarah

Ciri-ciri penyakit kanker kulit selanjutnya adalah tahi lalat yang berdarah. Biasanya, gejala ini akan muncul bersamaan dengan rasa nyeri dan gatal pada tahi lalat. Tidak hanya itu, tahi lalat juga akan mengalami pembengkakan.

  1. Kulit mudah terbakar sinar matahari

Kulit yang sangat mudah terbakar sinar matahari harus diperiksakan dengan dokter ahli. Pasalnya, kulit yang mudah terbakar dan terlihat selalu pucat bisa mengindikasikan adanya kanker pada jaringan sel kulit kamu.

  1. Kulit terkelupas

Kulit bisa mengalami pengelupasan saat ada area yang kering. Bagian yang terkelupas adalah sel kulit mati. Sehingga setelah terkelupas, kulit akan terlihat lebih putih. Namun apabila kulit terkelupas tanpa ada alasan apapun yang jelas, maka kamu harus segera memeriksanya. Sebab kulit yang mengelupas bisa menjadi pertanda adanya kanker kulit pada wajah kamu. Kulit yang secara tiba-tiba berdarah juga harus kamu waspadai. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi adanya sel kanker pada kulit kamu.

Kenali sejak dini kanker kulit dengan konsultasi ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Ciri ciri kanker kulit yang telah dijelaskan di atas sangat mudah dikenali bukan? Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, maka kamu bisa melakukan proses pengobatan secepat mungkin sebelum kanker kulit semakin berkembang.

Check Also
ruam hiv gatal atau tidak pada kulit
Ruam HIV dan Pengobatannya

Ruam HIV merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada pengidap HIV. Meski begitu, hal ini …