Fungsi Vitamin E untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fungsi vitamin e ternyata tidak lepas dari perannya sebagai zat antioksidan yang mampu menjaga kecantikan kulit. Akan tetapi, tidak disangka ternyata vitamin E juga berperan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Fungsi vitamin e sebelumnya hanya dikaitkan pada nutrisi kulit saja. Akan tetapi seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, ternyata Vitamin E juga memiliki banyak manfaat dalam tubuh. Memiliki nama lain sebagai tokoferol, vitamin E tersedia dalam 8 bentuk dan merupakan sebuah antioksidan yang larut lemak. Perannya dalam dunia kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari vitamin E apabila digunakan secara teratur.

fungsi vitamin e bagi tubuh

Fungsi Vitamin E Bagi Tubuh yang Sangat Populer di Masyarakat


Banyak masyarakat yang kini berupaya mengonsumsi segala makanan dengan kandungan vitamin E demi menjaga kesehatan tubuh mereka. Adanya kandungan antioksidan pada vitamin ini dipercaya memiliki segala kebutuhan yang diinginkan oleh tubuh. Adapun beberapa manfaat yang diperoleh oleh tubuh ketika mengonsumsi vitamin E antara lain:

Terlindung dari berbagai penyakit akibat radikal bebas

Radikal bebas merupakan cikal bakal berbagai macam penyakit. Fungsi vitamin e adalah untuk menangkalnya dengan cara merusak rantai radikal bebas maupun bereaksi dengannya sehingga sel-sel tubuh dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Bacaan Lainnya : Kegunaan Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Meningkatkan daya tahan tubuh

Masih sama kaitannya dengan fungsi antioksidan yang dimiliki oleh vitamin E, ternyata hal tersebut juga memberi dampak bagi daya tahan tubuh. Sekalipun dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, siapapun yang rutin mengonsumsi vitamin E, maka akan merasakan tubuhnya tetap bugar.

Melindungi sel darah merah

Vitamin E dapat membantu mengangkut oksigen ke seluruh jaringan pada tubuh sehingga peredaran darah menjadi lancar. Apabila kandungan vitamin E tidak terpenuhi dengan maksimal, maka tentu saja hal ini akan berdampak ke kesehatan tubuh akibat peredaran darah yang tidak lancar. Di samping itu, vitamin ini juga dapat melindungi kerusakan jaringan tubuh akibat kelebihan vitamin A.

Mencegah oksidasi kolesterol jahat

Kolesterol memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan. Kondisi ini harus ditangani secara optimal dan dengan mengonsumsi vitamin E maka risiko-risiko yang timbul akibat kolesterol seperti penyumbatan arteri dapat dicegah. Hal itu disebabkan karena vitamin ini dapat menghambat terjadinya proses oksidasi pada kolesterol jahat.

Mencegah Kanker

Kanker umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut. Oleh sebab itu, jika ingin mencegah terjadinya kanker, khususnya kanker mulut, kanker paru-paru, dan kanker prostat, konsumsilah vitamin E secara teratur. Vitamin E memiliki peran penting dalam melindungi DNA dari kerusakan serta dapat menghambat pertumbuhan tumor di dalam tubuh.

Mencegah penyakit demensia

Kepikunan yang terjadi ada yang bersifat wajar namun ada pula yang tidak. Demensia terjadi karena adanya kerusakan pada sistem saraf di otak dan vitamin E dapat membantu memperbaikinya. Tidak hanya demensia ringan, penyakit Alzheimer yang umum disebut demensia ganas juga dapat dihindari melalui konsumsi vitamin E.

Meyeimbangkan hormon

Wanita umumnya kerap mengalami masalah keseimbangan hormon yang berakibat terhadap kenaikan berat badan, infeksi saluran kencing, kelelahan, dan kecemasan. Peran vitamin E di sini adalah untuk menyeimbangkan hormon pada wanita, yakni kandungan estrogen dan progesteron sehingga perasaan tidak nyaman tersebut dapat teratasi.

Mengurangi masalah pre menstruasi syndrom

Tidak sedikit dari para wanita yang mengalami gejala PMS setiap bulannya. Ada yang dalam taraf wajar namun ada pula yang sudah memasuki fase mengkhawatirkan seperti kegelisahan berlebih, emosi tak terkontrol, maupun kram berlebihan. Mengonsumsi vitamin E terbukti dapat mengurangi nyeri dan mengurangi hilangnya darah saat menstruasi akibat terjadinya ketidakseimbangan hormon.

Mengatasi bibir pecah-pecah

Banyak faktor yang dapat mencetus terjadinya bibir pecah-pecah mulai dari panas dalam maupun faktor cuaca. Untuk mengobatinya, maka diperlukan sebuah pelembab universal yang dimiliki oleh vitamin E. Hanya dengan mengoleskannya, masalah bibir pecah-pecah dapat segera teratasi tanpa hraus menunggu hingga menjadi luka.

Menutrisi janin

Ibu hamil diwajibkan untuk mengonsumsi vitamin E karena tentu saja terkait manfaatnya yang begitu banyak bagi janin. Tak hanya ibu hamil, bahkan ibu menyusui pun membutuhkan asupan ini bagi perkembangan bayinya. Vitamin E berperan penting untuk mencegah terjadinya kasus cystic fibrosis yang kerap muncul pada janin. Proses pembentukan organ dan sel-sel tubuh pada janin dapat menjadi sempurna dengan adanya bantuan dari vitamin E. Namun tentu saja terdapat jumlah dosis yang harus dipatuhi agar tidak memberikan dampak yang kurang menyenangkan bagi ibu hamil dan menyusui seperti pusing dan mual.

 

Fungsi Vitamin E untuk Kulit Tampil Cantik

Fungsi vitamin e untuk kulit memang tidak perlu diragukan lagi bagi kulit. Bahkan hampir semua orang rajin mengonsumsi vitamin E guna mendapatkan kulit mulus dan cantik. Adapun beberapa fungsi yang diperoleh oleh kulit akibat penggunaan vitamin E antara lain:

Kulit menjadi lebih lembab

Vitamin E yang terkandung dalam sediaan lotion dapat menjaga kelembaban kulit karena vitamin E merupakan vitamin larut lemak. Adanya kombinasi yang baik antara vitamin E dan lemak dalam lotion dapat mencegah kulit kering dan menghindarinya dari keriput.

Menghilangkan sretch marks

Fungsi ini tentu saja sangat berguna terutama bagi para ibu yang baru saja selesai melahirkan. Vitamin E dapat mengembalikan elastisitas kulit sehingga mampu menyamarkan garis putih atau stretch mark pada kulit.

Mengatasi penuaan dini

Menjadi tua dapat ditandai dengan adanya keriput. Vitamin E dapat mengatasi masalah-masalah penuaan dini yang dimulai dari menjaga kelembaban kulit dan mendorong terjadinya produksi kolagen. .

Mengurangi noda hitam

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya noda hitam pada kulit antara lain adalah akibat radikal bebas, penuaan, maupun masalah jantung. Kandungan antioksidan pada vitamin E dapat menyamarkan noda hitam tersebut terutama yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mencegah kanker kulit

Sebagai zat antioksidan yang kuat, vitamin E dapat melindungi DNA dari segala jenis kerusakan yang dapat berubah menjadi sel kanker. Fungsi vitamin E di sini adalah untuk mencegah terbentuknya zat-zat karsinogenik dalam tubuh.

Menyembuhkan luka bakar

Manfaat ini hanya berlaku bagi luka bakar ringan saja. Penggunaan vitamin E dari luar mampu merangsang terbentuknya lapisan kulit yang dapat menutup luka bakar tersebut. Tentu saja prosesnya tidak dapat instan terjadi, namun paling tidak penggunaannya dapat mengurangi nyeri akibat luka bakar yang kemudian disusul dengan pembentukan lapisan kulit.

Membersihkan kulit

Vitamin E tidak hanya memberikan manfaat untuk jenis kulit tertentu karena sifatnya yang merupakan pembersih universal. Menggunakan vitamin ini dari dalam maupun luar terbukti efektif untuk membuat kulit tampil bersih dan cerah. Hal tersebut dikarenakan vitamin E dapat membantu pelepasan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Banyaknya manfaat vitamin E dalam tubuh dan kulit membuat setiap orang tidak segan untuk segera menggunakannya. Sejauh ini, jenis vitamin ini sangat populer di kalangan wanita karena terkait dengan efeknya yang dipercaya mampu menjaga kecantikan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa lambat laun pamor vitamin E dapat menjangkau kalangan pria, anak-anak, maupun lansia terkait fungsi vitamin e yang lebih dari sekedar untuk menjaga kecantikan.

Check Also
ruam hiv gatal atau tidak pada kulit
Ruam HIV dan Pengobatannya

Ruam HIV merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada pengidap HIV. Meski begitu, hal ini …