Kegunaan Daun Salam untuk Kesehatan

Kegunaan daun salam sudah sejak dahulu terkenal di masyarakat. Bukan hanya untuk bumbu masakan saja tapi juga untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Kegunaan daun salam yang umum yakni untuk menyedapkan makanan. Tanpa adanya daun salam, rasa masakan akan hambar dan tidak terasa sedap. Tapi ternyata setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, daun salam juga mempunyai khasiat sebagai obat. Satu diantara penyakit yang bisa disembuhkan melalui daun salam adalah penyakit asam urat.

kegunaan daun salam untuk asam urat dan kesehatan

Kegunaan Daun Salam untuk Asam Urat Bagi yang Ingin Menjalani Penyembuhan Tanpa Obat


Asam urat adalah sebuah penyakit yang menyerang persendian manusia. Entah itu sendi tangan, kaki, jari ataupun lutut. Efek yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah rasa nyeri pada bagian tubuh yang diserang. Tidak jarang nyeri tersebut semakin lama berubah menjadi panas. Penyakit asam urat seringkali menyerang para lansia, namun dengan semakin berubahnya gaya hidup, penyakit ini mulai menyerang anak muda usia 20an.  Meskipun penyakit asam urat tergolong penyakit ringan, tapi tetap saja efek yang dirasakan tidak menyenangkan sama sekali. Untuk kamu yang memiliki keluhan penyakit asam urat dan malas untuk mengonsumsi obat, bisa sekali mencoba pengobatan daun salam. Beberapa kegunaan daun salam untuk mengobati asam urat, akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Menurunkan Darah Tinggi

Perlu diketahui bersama bahwa salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah adanya darah tinggi. Kandungan mineral yang ada di dalam daun salam bisa menurunkan hipertensi kamu. Jadi selain daun salam tidak pahit seperti obat, penggunaan daun salam juga sangat ramah di kantong.

Baca Juga : Vitamin untuk Rambut Rontok untuk Atasi Kerontokan Rambut

  1. Pelancar Kencing

Tidak jarang pada beberapa orang mengalami kesulitan saat kencing atau sakit ketika ingin kencing. Penyebab dari sulitnya buang air kecil adalah tingginya asam urat di tubuh. Untuk menurunkan asam urat dan memperlancar buang air kecil, cobalah meminum air rebusan daun salam. Konsumsi daun salam secara rutin akan menurunkan nyeri asam urat yang kamu derita.

  1. Penghilang Bengkak

Nyeri asam urat yang dibiarkan, akan menimbulkan pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Terjadinya pembengkakan pastinya akan menghambat segala aktivitas yang dilakukan. Contohnya saja pembengkakan di kaki, sekalipun memang tidak terlalu besar, tapi pasti ketika berjalan ataupun lari, kaki yang bengkak akan mengalami kesulitan. Daun salam yang dikonsumsi secara rutin menghilangkan nyeri sekaligus bengkak. Memang tidak secara langsung sembuh, butuh waktu lebih lama daripada obat. Tapi masih lebih baik mengonsumsi daun salam yang jelas-jelas alami daripada obat yang mempunyai efek samping.

  1. Penghilang Nyeri

Efek samping dari adanya asam urat di tubuh adalah rasa nyeri yang menyertainya. Rasa nyeri yang dirasakan oleh tubuh seringnya menghambat tubuh melakukan pekerjaan. Untuk kamu yang tidak tahan dengan nyeri yang ditimbulkan dari asam urat, kamu bisa mencoba meminum rebusan daun salam. Oleh para ahli menyarankan meminumnya pagi dan sore untuk hasil yang maksimal. Jika kamu merasa rasa air rebusan daun salam terlalu aneh, kamu bisa saja membuat jus daun salam yang dicampur dengan alpukat dan madu. Intinya untuk mendapatkan khasiatnya, daun salam bisa dikreasikan dalam berbagai bentuk, baik itu diminum secara langsung atau dicampur dengan bahan-bahan lain.

  1. Mengatasi Obesitas

Kegunaan daun salam yang terakhir adalah untuk menurunkan obesitas. Menurut dokter, obesitas adalah satu dari sekian faktor timbulnya asam urat. Berat badan yang tidak terkontrol membuat orang-orang lebih rentan terkena asam urat. Untuk menyembuhkan persoalan seperti ini, daun salam bisa menjadi penyelamat. Dengan menurunnya berat badan, maka resiko terkena asam urat pun akan semakin menipis.

 

Apa Kegunaan Daun Salam Bagi Kesehatan?

Daun salam sekalipun sering ditemukan di perkarangan rumah ataupun di dapur-dapur, tapi ternyata masih banyak orang yang belum tahu tentang manfaat daun salam bagi kesehatan. Kandungan yang berupa fitonutrien adalah zat yang berkontribusi besar bagi penyembuhan penyakit. Diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi, obat diare dan penyakit-penyakit beresiko lainnya gampang sekali disembuhkan dengan mengonsumsi daun salam. Informasi lebih lengkap mengenai manfaat daun salam, bisa disimak di bawah ini:

  1. Mengobati Maag

Penyakit maag adalah penyakit yang disebabkan karena penderitanya telat makan. Pola makan yang tidak teratur membuat asam lambung naik dan pada akhirnya menimbulkan penyakit maag. Rasa yang ditimbulkan ketika maag menyerang adalah nyerinya perut dan seperti ditusuk-tusuk. Dalam rangka mengobati penyakit maag, kamu sangat disarankan meminum daun salam. Caranya gampang sekali, kamu cukup merebus 15-20 daun salam yang sudah dicuci bersih, masukkan ke dalam setengah liter air mendidih dan tambahkan gula aren. Minum secara rutin dan rasakan hasilnya.

  1. Penurun Kolesterol

Kegunaan daun salam berikutnya untuk kesehatan yaitu penurun kolesterol. Kolesterol atau biasa disebut dengan lemak jahat sering sekali ditemukan pada makanan, apalagi makanan yang mengandung santan. Makanan jenis itu memang sukar sekali untuk dihindari, terutama rasanya yang mantap. Hanya saja sekalipun rasanya tidak bisa ditolak, makanan yang mengandung santan dan disantap secara terus-menerus pasti akan menyebabkan kolesterol. Kolesterol yang tertumpuk dan tidak terkontrol menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung, darah tinggi dan lain-lain. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mengontrol secara ketat kolesterol yang masuk ke dalam badan. Mengonsumsi daun salam sejumlah 10 lembar setiap hari akan menurunkan tingkat kolesterol di tubuh kamu. Makan enak tetap jalan, kolesterol pun pergi.

  1. Mengobati Gangguan Pencernaan

Setiap hari manusia pasti mengeluarkan sisa-sisa kotoran dari tubuhnya. Terhambatnya proses pencernaan, menyebabkan berbagai penyakit seperti diare dan sembelit. Makanan yang mengandung salam di dalamnya, sangat membantu melancarkan pencernaan kamu. Enzim yang terkandung di daun salam, mengatasi sistem pencernaan yang terhambat.

  1. Merawat Rambut

Mempunyai rambut indah dan tebal adalah impian semua wanita. Dari perawatan shampo sampai jauh-jauh datang ke salon rela mereka lakukan. Namun, perawatan di salon sangat menguras dompet dan tidak bisa dilakukan sesering mungkin. Dengan adanya temuan terbaru mengenai kegunaan daun salam, kamu bisa mencoba perawatan rambut ini. Campurkan daun salam dan minyak kelapa, selanjutnya jadikan masker dan diamkan selama beberapa menit.

  1. Pencegah Kanker

Penyakit kanker adalah satu dari sekian penyakit yang sangat ditakuti oleh umat manusia. Pengobatannya yang lama dan menyakitkan menyebabkan para pengidapnya seringkali menyerah dan pasrah. Padahal ada alternatif lain untuk mencegah kanker. Daun salam dengan kandungan phytonutrient sudah teruji dapat menghambat tersebarnya sel kanker serviks. Kandungan-kandungan lain yang tertanam di daun salam pun dapat melindungi tubuh dari jahatnya radikal bebas.

Setelah mengetahui kegunaan daun salam, tidak ada salahnya kamu mulai menerapkan pola hidup sehat. Tidak perlu yang mahal-mahal, cukup dengan rutin mengonsumsi daun salam entah itu dalam bentuk makanan ataupun minuman, kamu berkontribusi besar menjaga badan. Harga daun salam pun sangat murah. Tidak sampai Rp 5.000, kamu sudah dapat banyak daun salam. Hidup sehat itu simpel, tinggal kamu mau menerapkannya atau tidak.

Check Also
ruam hiv gatal atau tidak pada kulit
Ruam HIV dan Pengobatannya

Ruam HIV merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada pengidap HIV. Meski begitu, hal ini …