Kegunaan Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Kegunaan jeruk nipis memang sangat banyak. Mulai sebagai pelengkap bahan masakan, kesehatan, dan yang paling penting adalah untuk kecantikan. Tak heran jika buah masam ini selalu banyak dicari wanita.

Kegunaan jeruk nipis ternyata sangat luar biasa, terutama untuk kecantikan wanita. Tahukah kamu? Selain untuk kecantikan kulit wajah, buah ini juga bisa digunakan untuk diet. Tak hanya banyak manfaatnya, jeruk nipis bisa dengan mudah diperoleh dan banyak tersedia di warung-warung kecil. Sehingga jika akan digunakan untuk perawatan wajah kamu tak perlu susah untuk mencarinya. Perawatan dengan menggunakan jeruk nipis dapat dilakukan di rumah dengan membuatnya menjadi masker atau diaplikasikan secara langsung pada wajah.

kegunaan jeruk nipis untuk wajah dan diet 

Ini Dia Kegunaan Jeruk Nipis untuk Wajah yang Perlu Kamu Ketahui


Jeruk nipis memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Selain vitamin C, terdapat pula fosfor, zat besi, kalsium, asam sitrat, minyak atsiri, asam amino, asam sitrun, dan AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang berperan penting untuk membuat wajah menjadi lebih terawat dan sehat. Berikut adalah beberapa kegunaan jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah:

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Kegunaan jeruk nipis yang pertama yaitu mencerahkan kulit wajah secara alami. Kulit wajah yang kusam memang sangat mengganggu penampilan. Terlebih lagi ketika kamu akan bepergian keluar, dengan wajah kusam tentu akan menurunkan kepercayaan diri kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan jeruk nipis yang diolah menjadi masker. Kandungan alpha hydroxyl dan vitamin C di dalam jeruk nipis ternyata dapat mencerahkan wajah yang terlihat kusam. Selain itu, kandungannya juga bisa meregenerasi sel-sel kulit mati sehingga bisa membuat wajah menjadi lebih segar, dan terhindar dari jerawat.

Baca Juga : Kegunaan Daun Salam untuk Asam Urat

  1. Mengecilkan pori-pori

Wajah yang memiliki pori-pori besar cenderung tidak baik karena bisa menimbulkan beberapa masalah pada wajah, seperti mudah terkena jerawat atau penuaan dini. Hal ini dapat terjadi karena wajah dengan pori-pori besar dapat membuat kotoran dan minyak berlebih mengendap dalam pori-pori kulit. Jeruk nipis dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat. Untuk kulit sensitif, hindari pemakaian terlalu sering karena kandungan asam nya yang pekat dapat membuat kulit menjadi terasa perih.

  1. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Semua wanita tentu ingin wajahnya selalu bersih dan terbebas dari noda hitam bekas jerawat yang mengganggu. Bekas jerawat di wajah memang sulit dihilangkan, tapi dengan jeruk nipis, noda hitam kini bisa segera hilang. Kandungan vitamin C dan asam folatnya dapat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Cara pemakaiannya cukup gunakan perasan jeruk nipis dan oleskan pada wajah. Gunakan seminggu dua kali secara rutin.

  1. Mencegah jerawat datang kembali

Jerawat memang hal yang sangat mengganggu, dan tak jarang jerawat yang belum hilang secara tuntas bisa membuat jerawat mudah balik lagi. Jeruk nipis dapat menuntaskan masalah jerawat hingga ke akarnya sehingga jerawat tak mudah muncul lagi. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan anti bakteri dan vitamin C yang selain bisa menuntaskan masalah jerawat, juga bisa mencegah timbulnya jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah, olahlah jeruk nipis menjadi masker dan gunakan sebanyak 3 hari sekali secara rutin dan teratur.

 

Kegunaan Jeruk Nipis untuk Diet dan Rampingkan Badan

Selain dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah, jeruk nipis juga sangat efektif untuk digunakan sebagai diet. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat mencegah terjadinya penimbunan lemak di dalam tubuh. Vitamin c yang terdapat di dalam jeruk nipis dapat menyerap kalsium dengan baik sehingga bisa membantu proses penurunan berat badan. Berikut adalah beberapa kegunaan jeruk nipis untuk diet:

Membantu pencernaan menjadi lebih sehat

Pencernaan yang bermasalah tentu dapat berpengaruh terhadap tubuh. Selain dapat menimbun lemak, juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Kandungan asam sitrat di dalam jeruk nipis yang masuk ke dalam tubuh akan bereaksi dengan enzim dan asam di dalam perut. Reaksi ini dapat merubah lemak menjadi energi serta membantu melancarkan proses pencernaan. Tak hanya buahnya saja, aromanyapun dapat menghasilkan air liur yang bisa membantu pencernaan.

Untuk melancarkan pencernaan, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara diseduh dengan air hangat dan diminum saat pagi hari. Meskipun memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi, cairan jeruk nipis tetap dapat diminum oleh penderita maag. Tak hanya itu, jeruk nipis juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh, sehingga tak mudah terserang penyakit.

Dapat menahan rasa lapar

Jeruk nipis yang dikonsumsi dengan cara dijus dapat menahan rasa lapar karena mengandung serat tinggi. Selain itu, jeruk nipis juga bisa menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh sehingga bisa mencegah datangnya penyakit diabetes. Tak hanya itu, buah masam yang tinggi akan serat dapat memperlambat proses pencernaan.

Menetralisir racun dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Jus jeruk nipis yang diminum, dapat menjadi penetralisir racun yang baik. Selain itu berbagai kandungannya dapat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga lemak dalam tubuh dapat cepat terkuras karena rasa asamnya dapat membakar lemak dengan cepat.

Memperlezat menu diet

Menu diet kerap kali memiliki variasi menu yang tidak menarik dan kurang lezat. Jika kamu memiliki masalah diet karena malas dengan menu makanannya, kamu bisa menambahkan jeruk nipis pada menu diet. Rasa asam dari jeruk nipis biasanya dapat menambah selera pada makanan, sehingga membuat semangat untuk memakan menu diet. Jangan khawatir meskipun menambah nafsu makan, hal ini tidak akan berpengaruh pada penambahan lemak, karena kandungan asamnya sangat tinggi.

Selain bisa ditambahkan pada makanan, jeruk nipis juga bisa dicampurkan dengan madu. Madu dan jeruk nipis sangat baik untuk digunakan sebagai salah satu menu diet. Madu memiliki kandungan karbohidrat yang dapat membuat perut menjadi lebih cepat kenyang. Selain itu, rasa manis dari madu juga dapat membuat perasan air jeruk nipis menjadi lebih enak dan tidak terlalu asam. Ramuan madu dan jeruk nipis ini dapat diminum pada pagi hari, siang hari dan malam hari

Meningkatkan sekresi pada organ-organ pencernaan

Jeruk nipis memiliki senyawa flavonoid yang bisa merangsang sistem pencernaan, juga meningkatkan sekresi pada organ-organ pencernaan. Dengan demikian jika kamu telah mengonsumsi makanan, maka organ pencernaan kamu akan cepat bereaksi untuk mengolahnya dan membantu mengeluarkan sisa pencernaan yang sudah tidak terpakai oleh tubuh dengan cepat.

Mengecilkan perut

Kegunaan jeruk nipis berikutnya adalah mengecilkan perut. Selain untuk dikonsumsi, jeruk nipis juga dapat diaplikasikan langsung pada bagian perut dengan mencampurkannya dengan minyak kayu putih. Kamu bisa menambahkan 5 tetes minyak kayu putih pada perasan jeruk nipis kemudian oleskan pada perut sembari dipijat perlahan selama sekitar 15 menit. Dengan melakukannya 3 kali seminggu secara teratur, perut kamu bisa segera mengecil.

Jeruk nipis adalah buah yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan ataupun untuk perawatan kecantikan. Meskipun kecil, kegunaan jeruk nipis ini sangat luar biasa. Tak hanya bisa mengatasi berbagai masalah wajah, juga berguna untuk diet.

Check Also
manfaat kunyit untuk kecantikan
Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wanita

Manfaat kunyit untuk kecantikan belum banyak diketahui oleh wanita. Selain untuk kesehatan, ternyata kunyit banyak …