Makanan Buat Ibu Hamil yang Bagus untuk Kesehatan Kandungan

makanan buat ibu hamil muda
Makanan buat ibu hamil tentunya menjadi hal yang wajib diperhatikan. Hal ini dikarenakan nutrisi yang didapatkan dari makanan ibu hamil akan mempengaruhi kesehatan janin.

Perkembangan dan pertumbuhan janin sangat dipengaruhi oleh gizi dan nutrisi yang dikonsumsi ibunya. Untuk itu, diperlukan nutrisi yang tepat agar perkembangan janin di dalam kandungan bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya sehat, makanan buat ibu hamil yang harus dikonsumsi juga harus mengandung aneka vitamin dan nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan janin, bukan cuma baik saat mengandung akan tetapi baik setelah persalinan.

 

Makanan Buat Ibu Hamil Muda yang Kaya Nutrisi


Untuk bunda yang saat ini sedang hamil muda, menjaga makanan dengan mengkonsumsi makanan sehat tentunya harus dilakukan dan menjadi perhatian khusus demi kesehatan si janin, hindarilah makanan dan minuman cepat saji yang berbahaya seperti mie, minuman beralkohol dan bersoda serta tetap menjaga pola hidup sehat. Saat hamil muda, kebanyakan para ibu hamil merasakan mual hingga akhirnya mengkonsumsi makanan-makanan yang diinginkan untuk mengobati rasa mual. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah selama makanan yang bunda konsumsi adalah makanan yang bernutrisi. Berikut adalah beberapa makanan yang sangat di anjurkan bagi ibu yang sedang hamil muda:

Artikel menarik lainnya : Jenis-jenis Penyakit Kulit pada Bayi dan Cara Penanganannya

Sayuran dan buah-buahan

Sayuran memiliki berbagai vitamin dan asam folat yang memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh ibu dan janin. Sayuran seperti bayam dan kale memiliki kandungan vitamin K, C, dan A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan tulang. Sedangkan buah-buahan memiliki kandungan berbagai vitamin, serat, dan mineral. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur dan buah yang berbeda sebanyak 5 porsi setiap harinya. Dengan demikian kebutuhan nutrisi dan vitamin ibu dan janin akan selalu terpenuhi.

Ikan, telur, dan daging tak berlemak

Ketiga kombinasi makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan bagus untuk kebutuhan nutrisi si janin. Terutama saat kandungan memasuki trimester pertama ataupun ketiga. Jenis ikan yang bagus untuk dikonsumsi sebagai makanan buat ibu hamil adalah ikan salmon. Hal ini dikarenakan salmon memiliki kandungan omega 3 yang memiliki peran penting untuk perkembangan janin serta menjaga mood bunda tetap stabil. Cukup konsumsi salmon sebanyak 340 gram dalam seminggu agar terhindar dari paparan dari merkuri.

Sedangkan telur, memiliki kandungan kolin yang berfungsi untuk perkembangkan tubuh dan otak janin dalam kandungan. Selain itu, telur juga bisa membantu dalam mengurangi risiko terjadinya kecacatan tabung saraf. Berikutnya adalah daging tak berlemak, jenis daging ini memiliki banyak protein yang berkualitas sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Jauhi mengkonsumsi daging seperti sosis yang memiliki kemungkinan terkandung bakteri dan parasit di dalamnya.

Buah Berries

Buah berries memiliki kadar vitamin C yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan kulit janin dan meningkatkan sistem imun. Selain itu, buah ini memiliki rasa yang segar sehingga tidak akan menimbulkan rasa mual pada ibu yang sedang hamil muda.

Ubi Ungu

Ubi ungu memang banyak dan mudah untuk ditemui. Selain enak makanan ini ternyata memiliki vitamin A yang dapat membangun sel-sel janin serta menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin. Makanan ini sangat baik dikonsumsi sebagai menu sarapan di pagi hari.

Kacang polong

Kacang polong sangat bagus untuk di konsumsi terutama saat awal kehamilan. Vitamin dan kandungan yang ada dalam kacang polong dapat menjaga berat badan bayi menjadi ideal serta tidak lemah ketika akan menghadapi proses kelahiran.

Yoghurt dan susu

Mengkonsumsi susu dan yoghurt sangat baik untuk kesehatan tulang ibu dan memiliki peran penting dalam pembentukan tulang pada janin. Hal ini dikarenakan susu dan yoghurt memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Namun, sangat disarankan agar bunda memilih susu yang dikhususkan untuk ibu hamil. Selain lebih aman, kandungan gizi yang terkandung di dalamnya tentu bagus untuk kesehatan si ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Makanan dengan karbohidrat tinggi

Sumber karbohidrat yang sangat baik bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang terbuat dari gandum seperti roti gandum, oatmeal, nasi merah, dan lain sebagainya. Makanan berserat ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat serta dapat memperlancar pencernaan. Gandum dinilai sangat penting untuk perkembangan janin karena memiliki vitamin E, serat, dan nutrisi lainnya. Jadi, tidak ada salahnya jika mengonsumsi gandung sebagai makanan pokok.

 

Makanan Sehat Buat Ibu Hamil Trimester Ketiga

Saat kehamilan memasuki usia trimester ketiga atau sekitar sembilan bulan, kebanyakan ibu hamil sering merasakan kesulitan bergerak dan bernafas. Selain itu, karena semakin besarnya kandungan biasanya ibu sering merasa kelelahan. Untuk itu pada usia kehamilan di trimester ketiga, bunda perlu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk kelancaran saat proses persalinan. Berikut beberapa ini adalah makanan buat ibu hamil sembilan bulan yang bunda harus ketahui:

Makanan yang kaya akan omega 3

Omega 3 dapat membantu kelancaran saat proses bersalin, baik untuk tumbuh kembang janin, serta membantu dalam menyempurnakan bayi saat akan lahir. Makanan yang kaya akan omega 3 di diantaranya adalah alpukat, kedelai, ikan salmon, kembang kol, bayam, telur, dan juga ikan lele. Bunda bisa memilih beberapa menu yang  dari jenis makanan tersebut  yang bunda suka agar bisa menjadi penambah nafsu makan.

Protein dan kalsium

Ibu hamil Sembilan bulan memerlukan makanan dan minuman yang bagus untuk membentuk darah, plasenta dan cairan ketuban. Susu adalah salah satu minuman yang harus dikonsumsi karena mengandung protein dan kalsium yang sangat baik untuk kandungan. Selain membantu dalam pembentukan darah, plasenta, dan ketuban susu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu hamil.

Makanan pencegah heartburn pada ibu hamil

Untuk mengatasi heartburn atau rasa perih dan panas pada ibu hamil sembilan bulan, bunda bisa mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang. Buah pepaya memiliki kandungan yang dapat membantu dalam mempercepat proses pencernaan. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki keterbatasan saat mencerna protein yang dapat membuat asam hidroklorat pada lambung makin berkurang. Hindari mengkonsumsi buah pepaya muda karena dapat meningkatkan risiko gangguan perkembangan pada janin.

Vitamin A, C, dan K

Berbagai makanan yang mengandung vitamin A, C, dan K memiliki manfaat dalam memelihara kesehatan mata. Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil yang sudah memasuki usia trimester ketiga. Makanan yang banyak mengandung vitamin-vitamin ini bisa didapatkan dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, dan lain sebagainya.

Aneka sayuran dan buah-buahan lainnya

Selain mengkonsumsi sayuran hijau, bunda juga bisa mengkonsumsi berbagai buah dan sayuran yang memiliki warna lain. Setiap buah dan sayuran memiliki nutrisi dan vitamin yang berbeda-beda, untuk itu sangat baik untuk mengkombinasikannya dalam pola makan sehari-hari secara bergantian. Tentunya dengan mengolah berbagai makanan dengan tepat, kebutuhan nutrisi ibu dan janin dapat tercukupi.

Dengan mencukupi berbagai asupan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan janin tentunya akan membantu perkembangan janin akan menjadi lebih sehat. Selain itu kondisi ibu juga akan selalu fit hingga sebelum proses bersalin. Perlu diketahui, ibu hamil tidak perlu mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak. Cukup penuhi kebutuhan gizi setiap harinya dengan berbagai makanan yang kaya vitamin dan nutrisi. Demikian berbagai kombinasi makanan buat ibu hamil yang bernutrisi dan menyehatkan. Semoga bermanfaat selalu.