Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat jantung pisang sangatlah banyak bahkan untuk berbagai kalangan. Selain rasanya yang lezat ketika diolah menjadi sebuah masakan, jantung pisang juga menyimpan sejuta manfaat yang baik untuk tubuh.

Siapa yang menyangka bahwa jantung pisang juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, selama ini belum banyak yang mengetahui tentang manfaat jantung pisang dan olahannya. Jantung pisang termasuk dalam kategori sayuran yang murah meriah dan sangat mudah ditemukan. Walaupun termasuk sayuran yang murah namun kandungan gizi di dalamnya sudah tidak perlu diragukan lagi, jantung pisang mengandung serat, karbohidrat dan sejumlah protein nabati. sayur jantung pisang juga aman dikonsumsi untuk anak-anak dan wanita hamil.

manfaat jantung pisang untuk kesehatan ibu hamil 

Manfaat Jantung Pisang untuk Ibu Hamil


Kamu pasti penasaran bagaimana bisa jantung pisang bermanfaat untuk ibu hamil, ternyata jantung pisang ini sangat membantu ibu hamil dalam memperlancar pencernaan. Kandungan serat dalam jantung pisang merupakan serat alami yang bagus untuk diserap tubuh. Disamping itu jantung pisang juga mengandung sejumlah vitamin yang sangat diperlukan untuk ibu hamil. Adapun kandungan gizi yang terdapat dalam jantung pisang yaitu vitamin B1, vitamin A, vitamin C, magnesium dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat jantung pisang khususnya untuk ibu hamil yang harus Kamu ketahui.

  1. Membantu Menyembuhkan Luka Setelah Melahirkan

Mengkonsumsi jantung pisang pada masa kehamilan sangatlah penting dan membawa banyak manfaat, salah satunya adalah membantu mempercepat penyembuhan luka setelah melahirkan nanti. Dalam jantung pisang terdapat kandungan etanol dengan kadar yang rendah sehingga sangat efektif dalam proses penyembuhan luka setelah melahirkan. Selain mempercepat proses penyembuhan luka, kadar etanol rendah dalam jantung pisang juga dapat berperan dalam mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri pathogen.

Baca Juga : Pelembab untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

  1. Sebagai Mood Booster

Manfaat jantung pisang selanjutnya adalah jantung pisang dapat menjadi mood booster untuk ibu hamil. ketika sedang dalam keadaan hamil, hormon kehamilan akan berdampak pada suasana hati ibu hamil seperti mood. Mood ibu hamil sangatlah sensitif dan mudah jengkel, kesal serta sensitif. Untuk mengatasi dan mencegah hal ini, Kamu dapat mencoba mengkonsumsi jantung pisang secara teratur. Jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi, magnesium inilah yang berperan mengembalikan mood ibu hamil.

  1. Mengurangi Morning Sickness

Untuk Kamu yang baru memasuki masa kehamilan di trimester pertama pasti pernah merasakan yang namanya morning sickness. Yaitu suatu keadaan dimana Kamu mual dan muntah secara terus-menerus yang biasa disebut sebagai gejala ngidam. Nah, sekarang masalah morning sickness sudah dapat Kamu atasi dengan mudah menggunakan jantung pisang. Kandungan magnesium yang dimiliki jantung pisang dapat mengurangi dan menekan gejala-gejala morning sickness yang dialami ibu hamil.

  1. Meningkatkan Kualitas ASI

Manfaat yang dihasilkan dari jantung pisang untuk wanita hamil yang tak kalah penting adalah dapat meningkatkan produksi sekaligus kualitas ASI. Khasiat jantung pisang disini hampir mirip dengan khasiat dari daun katuk, rajin mengkonsumsi jantung pisang di masa kehamilan sangat berpengaruh pada kelancaran ASI setelah melahirkan nanti.

  1. Mengurangi Risiko Anemia

Anemia atau penyakit kekurangan darah adalah masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Apabila penyakit anemia ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka akan sangat membahayakan untuk ibu dan janin. Tetapi sekarang, cukup dengan rutin mengkonsumsi jantung pisang asupan zat besi yang diperlukan akan terpenuhi. Karena dalam kondisi hamil Kamu sangat rentan jika meminum suplemen penambah darah, maka dari itu cobalah menggantinya dengan jantung pisang.

 

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Setelah mengetahui apa saja manfaat jantung pisang untuk ibu hamil, kini saatnya Kamu harus mengetahui apa saja manfaat dari mengkonsumsi jantung pisang untuk kesehatan tubuh. Sayuran murah meriah dan mudah ditemukan ini memiliki manfaat yang tak kalah dengan sayuran lainnya, berikut adalah manfaat yang dimiliki jantung pisang untuk kesehatan tubuh.

  1. Memperlancar Pencernaan

Rajin mengkonsumsi jantung pisang dapat membersihkan usus dan memperlancar pencernaan Kamu. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat yang tinggi dalam jantung pisang tersebut. Dengan pencernaan yang sehat maka siklus buang air besar juga akan semakin lancar. Bagi Kamu yang memiliki masalah sulit buang air besar jantung pisang dapat menjadi alternatif pilihan makanan yang sangat dianjurkan. Selain memperlancar buang air besar dan membersihkan pencernaan, jantung pisang juga dapat melunakkan feses sehingga ketika dikeluarkan akan terasa nyaman dan tidak sakit.

  1. Penangkal Radikal Bebas

Jantung pisang juga bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh. Penangkal radikal bebas ini disebabkan karena kandungan metanol yang daya kerjanya serupa dengan antioksidan.

  1. Anti Aging

Ingin awet muda? Rutin mengkonsumsi jantung pisang juga dapat melindungi kulit dari bahaya penuaan dini. Kerutan-kerutan halus pada wajah akan teratasi dengan mengkonsumsi jantung pisang. Kandungan flavonoidny inilah yang berperan sebagai anti penuaan, dan menjaga keelastisitasan kulit.  Kulit terasa lebih kenyal dan kencang sehingga kerutan-kerutan halus juga tidak mudah timbul.

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Kandungan yang ada di dalam jantung pisang ternyata dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Kamu yang sedang menjalani program diet, jantung pisang ini juga dapat dipilih sebagai alternatif lauk yang bebas lemak. Selain memberikan efek kenyang lebih lama, jantung pisang juga dapat menambah energi. Sehingga Kamu tidak akan merasa lemas ketika melakukan kegiatan sehari-hari walaupun dalam keadaan sedang diet.

  1. Mengobati Diabetes

Penderita diabetes yang memiliki kandungan gula darah tinggi tidak perlu khawatir, jantung pisang adalah makanan yang sehat dan aman untuk Kamu konsumsi. Jantung pisang dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebih, sehingga secara tidak langsung dapat membantu mempercepat penyembuhan diabetes. Pengolahan jantung pisang untuk penderita diabetes ini cukup dengan merebusnya saja tanpa menggunakan bahan campuran apapun.

  1. Menurunkan Kolestrol

Kamu yang memiliki kadar kolestrol tinggi ternyata jantung pisang dapat dipilih sebagai makanan rutin. Kandungan jantung pisang dapat mengikat kolestrol jahat dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui fases. Apabila Kamu semakin rutin mengkonsumsi jantung pisang maka kadar kolestrol Kamu akan semakin stabil dan lama kelamaan benar-benar normal.

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Manfaat jantung pisang yang terakhir dari jantung pisang adalah dapat mengobati sekaligus mencegah penyakit stroke. Akan tetapi pengolahannya tidak boleh dicampur menggunakan bahan-bahan lain yang berbahaya. Cukup dengan merebus jantung pisang kemudian diminum air rebusannya. Hindari penggunaan minyak kelapa sawit dalam pengolahan jantung pisang yang diperuntukkan bagi penderita stroke.

Berdasarkan uraian di atas, Kamu dapat melihat bahwa sayuran jantung pisang menyimpan banyak sekali manfaat. Manfaat jantung pisang yang dimaksudkan adalah untuk ibu hamil maupun untuk menjaga kesehatan tubuh. Rasanya yang lezat ternyata sebanding dengan gizi yang terkandung di dalamnya. Mulai sekarang jantung pisang dapat Kamu masukan dalam daftar list sayuran yang akan dikonsumsi sehari-hari, selamat mencoba.

Check Also
ruam hiv gatal atau tidak pada kulit
Ruam HIV dan Pengobatannya

Ruam HIV merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada pengidap HIV. Meski begitu, hal ini …