Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat kulit melinjo tidak hanya sedap untuk tambahan sayur saja. Di bidang kesehatan kulit melinjo memiliki berbagai manfaat yang belum banyak orang ketahui.

Manfaat kulit melinjo dalam bidang makanan memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Sayur asam tanpa adanya buah melinjo dan kulitnya, akan lebih hambar. Namun sekarang-sekarang ini, setelah berbagai penelitian dilakukan oleh para ahli, ternyata didapatkan sebuah fakta. Bahwasanya kulit melinjo tidak saja dapat digunakan sebagai campuran bahan makanan saja. Di bidang kesehatan pun dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lalu apa saja manfaat dan penyakit yang bagaimana yang bisa disembuhkan melalui kulit melinjo?

manfaat kulit melinjo bagi kesehatan dan ibu hamil

Solusi Penyembuh Penyakit dari Manfaat Kulit Melinjo Bagi kesehatan

Seperti yang diketahui oleh orang-orang, biji melinjo jika dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan asam urat. Tentu saja penyakit ini sekalipun terdengar sepele, tetap menyebabkan rasa tidak nyaman di badan. Rasa sakit sekaligus panas di bagian tubuh yang menyerang, seringkali membuat orang-orang berpikir lagi untuk mengonsumsinya. Tapi ternyata obat asam urat yang dibawa dari biji melinjo, bisa diobati dari kulitnya. Lalu selain asam urat, apa saja manfaat kulit melinjo bagi kesehatan?

Sumber Energi

Manfaat kulit melinjo yang pertama adalah sebagai sumber energi. Siapa sangka kulit melinjo yang terdengar remeh memiliki energi yang berlimpah. Jika dalam keseharian kamu sering mengantuk, lemas dan tidak ada tenaga untuk beraktivitas, sering-seringlah mengonsumsi kulit melinjo. Kalori yang terkandung di dalam kulit melinjo mampu membangkitkan tenaga yang tersimpan di badan. Kandungan karbohidratnya pun membuat kamu kenyang setelah mengonsumsi. Bisa dikatakan, karena kenyangnya itu, kulit melinjo bisa dijadikan alternatif nasi yang sering kamu konsumsi.

Baca Juga : Handbody untuk Kulit Kering dan Bersisik

Menjaga Tulang dan Gigi Tetap Sehat

Seiring dengan semakin bertambah usia, kekuatan gigi dan tulang pun akan semakin berkurang. Terutama bagi orang-orang tua yang sudah memasuki usia lanjut. Biasanya untuk mempertahankan daya tahan gigi dan kekuatan tulang, para lansia lebih sering mengonsumsi susu mengandung kalsium tinggi. Tapi karena harga susu yang mahal dan tidak bisa dijangkau oleh semua golongan, para lansia mencari cara lain. Mengonsumsi kulit melinjo dengan cara dijadikan cemilan, tidak kalah bermanfaatnya dengan susu. Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi bisa menjadi pengganti susu. Sekarang mereka yang tidak mempunyai uang namun tetap ingin memiliki tulang kuat, disarankan untuk mengonsumsi kulit melinjo secara teratur. Bisa sambil menonton tv atau melakukan aktivitas-aktivitas ringan lainnya.

Meningkatkan Kinerja Otot

Badan kamu kecil? atau ingin memiliki otot-otot bisep seperti binaragawan di tempat-tempat fitnes? coba konsumsi kulit melinjo. Protein yang ada di dalam kulit melinjo membantu dalam menjaga massa otot kamu. Maka jika badan kamu ingin seperti aktor-aktor korea yang perutnya kotak-kotak itu, sering-seringlah memakan kulit melinjo. Enak dibuat apa saja, entah itu dibuat sayur atau dimakan seperti kacang.

Mengurangi Mata Minus

Gaya hidup sekarang yang selalu dipenuhi dengan gadget dan alat-alat elektronik lainnya, kerap kali membuat mata lelah. Bahkan orang-orang baru sadar, setelah mata terjadi apa-apa. Contoh kecilnya seperti mata minus. Meskipun memang bukan hal besar, namun hal tersebut akan sedikit mengganggu aktivitas kamu. Penggunaan kaca mata memang solusi terbaik untuk mata minus, tapi terlalu memakai kacamatapun akan membuat lelah. Terutama bagian telinga kamu. Menggunakan softlen pun bukan solusi terbaik. Mengingat terlalu banyak kerugian dan bahaya yang mengintai. Untuk itu, jika kamu sering menggunakan gadget dan tidak bisa melepasnya barang sedetik pun, coba imbangi dengan memakan kulit melinjo. Manfaat yang dibawa dari makanan ini adalah mengurangi mata minus yang kamu derita. Syukur-syukur kamu belum terkena mata minus. Jadi bisa dijadikan sebagai alat pencegah.

Mencegah Anemia

Lemas pada setiap aktivitas yang dilakukan, bisa menandakan kamu kekurangan darah. Anemia memang bukan hal asing lagi ditemukan pada orang-orang sekitar. Banyaknya kegiatan yang dilakukan seringkali tidak diimbangi dengan konsumsi gizi yang mumpuni. Pola makan yang tidak teratur dan asal-asalan akan menimbulkan anemia pada tubuh. Tentu kamu tidak mau bukan aktivitasmu terganggu hanya karena hal ini? hal paling gampang yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadikan kulit melinjo sebagai obat. Daripada harus ke rumah sakit dan meminum obat yang jelas-jelas lebih mahal, lebih baik kulit melinjo bukan?

 

Manfaat Kulit Melinjo untuk Ibu Hamil Apakah Mitos atau Fakta?

Ibu hamil memang memiliki berbagai macam pantangan makanan. Mereka tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan demi kesehatan janin. Jika tidak berhati-hati, keselamatan janin bisa menjadi taruhannya. Namun akhir-akhir ini beredar rumor tentang dilarangnya ibu hamil mengonsumsi melinjo. Memang benar, kandungan yang terdapat di dalam melinjo sangat berbahaya bagi ibu hamil. Pasalnya dapat menyebabkan penyakit asam urat. Namun, mengenai kulit melinjo sendiri terdapat perbedaan pendapat mengenai hal tersebut. Ada yang memperbolehkan ada yang melarangnya. Sebagai catatan, kulit melinjo masih tetap bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan masih dalam tahap wajar. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait manfaat dalam kulit melinjo bagi ibu hamil:

Mengandung Anti Oksidan

Kegiatan sehari-hari yang dilakukan, pasti tidak terlepas dari adanya radikal bebas. Entah itu asap kendaraan ataupun lainnya. Demi mengurangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh apalagi bagi ibu hamil, usahakanlah memakan kulit melinjo.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat kulit melinjo yang jarang di ketahui orang adalah sangat baik untuk kesehatan ginjal. Fosfor yang terkandung dalam kulit melinjo sangat baik untuk cairan di dalam ginjal. Dengan seimbangnya kadar cairan di dalam ginjal, akan membantu ginjal dalam mengolah kadar garam.

Anti Radang

Ibu hamil memang rentan terkena penyakit. Pasalnya rasa mual yang dialami seringkali membuat pola makan berantakan. Akibatnya berbagai penyakit mudah sekali menyerang. Satu diantaranya adalah radang. Dengan memakan kulit melinjo, ibu hamil dapat mencegah penyakit ini datang.

Menghaluskan Kulit

Perubahan hormon yang terjadi ketika hamil, tidak jarang membuat kulit ibu hamil berubah. Entah yang tadinya kering berubah menjadi berminyak, atau yang sudah kering menjadi lebih kering lagi. Keadaan seperti ini sangat tidak nyaman sekali, apalagi ketika harus berhadapan dengan suami. Makanan yang bisa kamu coba untuk menghaluskan kulit adalah kulit melinjo. Mineral yang ada dalam kulit melinjo dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Jadi kamu tidak perlu bingung-bingung lagi untuk mengobati jerawat dan masalah kulitmu yang lain.

Mencegah Diabetes

Penyebab terjadinya diabetes, tidak saja berasal dari satu sebab saja tapi banyak. Baik itu yang kamu ketahui maupun yang tidak. Oleh karena banyak penyebab yang menjadi alasan terjadinya diabetes, daripada menghabiskan banyak uang untuk pengobatan dan juga berbahaya bagi kesehatan kandungan, lebih baik menghindarinya bukan? konsumsi kulit melinjo dalam batas wajar dapat mencegah kamu dan bayi dari serangan penyakit diabetes.

Dari banyaknya manfaat kulit melinjo, jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik. Seimbangkan dengan olahraga teratur, perbanyak makan buah dan sayuran dan tidak lupa untuk selalu mengontrol tingkat setres kamu.

Check Also
ruam hiv gatal atau tidak pada kulit
Ruam HIV dan Pengobatannya

Ruam HIV merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada pengidap HIV. Meski begitu, hal ini …