Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan

Manfaat pisang kepok untuk kesehatan sangatlah beragam. Selain rasanya yang lezat, jenis pisang ini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit asam lambung.

Manfaat pisang kepok ternyata sangat luar biasa. Selain sangat baik  untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata kandungan pisang kepok juga dapat mengobati beberapa penyakit seperti diare, maag, mengatasi stress, dan lain sebagainya. Pisang kepok memiliki kandungan seperti kalium, potasium, antasida, zat pektin, fenolik antioksidan, asam amino, dan kalsium. Setelah mengetahui berbagai kandungannya, jangan sungkan dan sering-seringlah mengonsumsi pisang kepok untuk kesehatan kamu.

manfaat pisang kepok rebus untuk asam lambung

Manfaat Pisang Kepok Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Pisang kepok sangat aman dikonsumsi oleh semua orang. Selain dapat dijadikan cemilan yang enak dan sehat, pisang kepok yang direbus dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat pisang kepok yang harus kamu ketahui:

  1. Dapat mencegah diare dan sembelit

Manfaat pisang kepok yang pertama adalah dapat mencegah diare dan sembelit. Pisang kepok memiliki zat yang bernama pektin. Zat ini memiliki sifat yang dapat menyerap air dengan baik di dalam tubuh. Oleh karena itu, zat pektin yang terdapat di dalam pisang kepok dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Baca Juga : Masker Alami untuk Kulit Kering Tanpa Efek Samping

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Manfaat pisang kepok berikutnya yaitu melancarkan pencernaan. Pencernaan yang terganggu tentu akan sangat membuat tubuh menjadi merasa tidak nyaman. Untuk itu hal ini harus segera ditangani. Pisang kepok dapat menjadi solusi yang tepat ketika pencernaan kamu tidak lancar. Hal ini dikarenakan di dalam pisang kepok, terdapat kandungan serat yang dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih efektif. Selain itu, kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi dapat membantu proses pembuangan feses menjadi normal.

  1. Mengatasi stress

Bagaimana bisa pisang kepok dapat mengatasi rasa stress? Zat pektin yang terkandung dalam pisang ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mencegah diare dan sembelit saja. Zat ini juga dipercaya dapat membantu menghilangkan rasa stress. Tak hanya dapat menghilangkan stress, pisang kepok juga dapat mengendalikan mood kamu. Senyawa asam amino yang terkandung dalam pisang ini dapat memproduksi serotonin. Serotonin ini adalah neurotransmitter yang bisa membuat pikiran menjadi lebih terasa tenang, dan memunculkan suasana hati yang stabil. Sehingga kamu tidak akan cepat stress meskipun sedang dalam masalah.

  1. Baik untuk kesehatan ginjal

Ginjal merupakan bagian tubuh yang cukup rentan terkena masalah jika asupan air untuk tubuh tidak terpenuhi. Menjaga kesehatan ginjal, selain minum dengan cukup, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi pisang kepok. Kandungan senyawa fenolik antioksidannya dapat menjaga fungsi ginjal tetap baik. Selain itu, terdapat pula kandungan kalium yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal serta mencegah terjadinya batu ginjal.

  1. Menguatkan tulang

Pisang kepok juga diketahui memiliki kandungan prebiotik yaitu fructooligosaccharide yang bisa membantu penyerapan kalsium dengan baik. Zat kalsium yang masuk kedalam tubuh akan diserap oleh prebiotik ini, sehingga dapat membuat tulang menjadi lebih kuat dan sehat.

  1. Mencegah terkena penyakit hipertensi

Penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena bila tidak segera ditangani, kondisinya akan semakin parah, bahkan hingga berujung pada kematian. Untuk itu sebelum hal ini terjadi, kamu bisa mencegahnya sejak dini dengan sering mengonsumsi pisang kepok rebus. Pisang kepok tinggi akan kalium, dan rendah sodium. Kombinasi antara kalium dan sodium ini ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh untuk tetap stabil dan normal. Sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Penderita diabetes tentunya tidak bisa menikmati semua makanan yang lezat, terutama yang memiliki kadar gula yang tinggi. Pisang kepok meskipun rasanya manis, jenis pisang ini tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kadar gula yang terkandung dalam pisang kepok sangat rendah. Selain itu, kandungan karbohidratnya yang tinggi dapat membuat perut menjadi cepat kenyang sehingga dapat menggantikan nasi.

  1. Menjaga kesehatan mata

Pisang kepok juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Berbagai nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat mencegah mata dari masalah pandangan menjadi kabur atau degenerasi macula.

  1. Meningkatkan sumber energi

Untuk mendapatkan energi yang cukup, tubuh memerlukan asupan karbohidrat yang tinggi. Pisang kepok memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat menambah energi bagi tubuh. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi stamina tubuh saat kamu sibuk melakukan berbagai aktivitas seharian.

 

Manfaat Pisang Kepok untuk Asam Lambung yang Perlu Kamu Ketahui

Pisang kepok, dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk kesehatan lambung. Namun bila lambung sudah terkena masalah seperti maag akibat asam lambung yang tinggi, tubuh akan menjadi kurang nyaman karena perut terasa sakit dan mual. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi pisang kepok. Berikut adalah manfaat pisang kepok untuk mengatasi asam lambung:

  1. Menetralisir cairan lambung

Pisang kepok memiliki kandungan kalium sebanyak 12,1 gram yang membantu untuk menyembuhkan gejala asam lambung. Selain kalium, kandungan mangan dan magnesium yang terdapat di dalamnya dapat membuat cairan lambung ternetralisir serta menyembuhkan luka pada lambung.

  1. Melindungi dinding lambung

Kandungan-kandungan di dalam pisang kepok juga bisa memberikan proteksi sebagai pelapis pada dinding lambung. Selain itu, luka lambung seperti borok juga bisa lebih cepat disembuhkan, karena senyawa-senyawa yang terdapat di dalam pisang ini dapat membantu menemukan senyawa yang dapat membantu luka lambung untuk lebih cepat pulih kembali. Jenis pisang kepok yang baik untuk menyembuhkan luka adalah pisang yang masih mentah.

  1. Menghilangkan rasa sakit maag

Penyakit asam lambung atau maag, memang selalu menimbulkan rasa sakit dan mual yang sangat tidak nyaman. Terlebih lagi ketika kamu sedang beraktivitas, tentu kondisi ini akan sangat mengganggu kelancaran aktivitas kamu. Agar rasa sakit maag bisa teratasi, kamu bisa melakukan cara alami yang mudah, yaitu mengonsumsi pisang kepok dengan rutin dan teratur. Memang ada jenis pisang yang dapat menaikan asam lambung, namun perlu diketahui bahwa pisang kepok justru dapat mengatasi rasa sakit dari maag.

  1. Menjaga kesehatan lambung

Menjaga kesehatan lambung tentunya hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari penyakit maag. Agar kesehatan lambung kamu selalu dalam keadaan baik, konsumsilah pisang kepok saat bangun tidur. Konsumsi pisang sebanyak 3 hingga 4 buah sebelum meminum atau memakan apapun di pagi hari setelah bangun tidur. Dengan melakukan cara ini, kesehatan lambung kamu akan selalu terjaga dan terhindar dari penyakit asam lambung.

Mengonsumsi pisang kepok setiap hari secara rutin dapat mencegah tubuh terkena berbagai penyakit seperti asam lambung, diabetes, hipertensi, stress, pencernaan kurang lancar, dan lain sebagainya. Jenis pisang ini sangat aman dikonsumsi oleh semua orang termasuk bagi penderita maag sekalipun. Berbagai kandungan pisang kepok justru memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi masalah asam lambung mulai dari yang biasa hingga yang kronis. Bahkan pisang kepok juga dapat mencegah terjadinya kanker lambung. Itulah beberapa manfaat pisang kepok untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

Check Also
manfaat kulit melinjo bagi kesehatan dan ibu hamil
Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat kulit melinjo tidak hanya sedap untuk tambahan sayur saja. Di bidang kesehatan kulit melinjo …