Pelembab untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

Pelembab untuk Kulit Berjerawat merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam mengatasi jerawat di wajah. Pelembab ini terbuat dari bahan alami, sehingga aman bagi kulit wajah Anda.

Jerawat pada dasarnya termasuk salah satu jenis penyakit kulit yang banyak diderita oleh masyarakat. Penyakit dapat saja menjangkit siapa pun, terutama bagi mereka yang tidak menjaga kebersihan kulitnya. Jerawat sendiri dapat ditanggulangi dengan menggunakan Pelembab untuk Kulit berjerawat. Pelembab kulit sendiri dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Namun, akan lebih aman jika Kamu memiliki pelembab yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak tumbuhan maupun buah-buahan. Lantas apa saja pelembab kulit yang dapat digunakan bagi untuk mengatasi jerawat?

pelembab untuk kulit berjerawat dan berminyak

Pelembab untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


Kulit berminyak bisa saja mengganggu penampilan sehingga membuat Kamu menjadi kurang percaya diri. Bahkan produksi minyak berlebihan di wajah dapat memicu timbulnya jerawat. Minyak yang berlebih akan memicu aktivitas mikroba penyebab jerawat di kulit wajah. Terlebih jika Kamu tidak membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas di luar rumah, maka risiko munculnya jerawat akan semakin besar. Namun Kamu tidak perlu cemas, kulit yang berminyak dan berjerawat dapat kamu atasi dengan menggunakan pelembab kulit alami. Berikut ini beberapa pelembab alami yang baik untuk kulit wajah dan dapat dibuat secara praktis di rumah.

  1. Pelembab Bengkoang

Bengkoang, mungkin buah satu ini sudah cukup familiar di telinga Kamu. Buah satu ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun di swalayan. Dalam perannya sebagai pelembab wajah, Bengkoang memiliki kandungan senyawa aktif yang baik bagi kesehatan wajah. Senyawa aktif tersebut akan membantu Kamu untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Di samping itu pula, Bengkoang juga dapat menjaga kulit wajah dari bahaya efek radikal bebas. Cara membuat Bengkoang menjadi pelembab alami wajah cukup mudah. Bersihkan Bengkoang secukupnya, kemudian dihaluskan dan oles merata ke seluruh area wajah. Biarkan pelembab ini bekerja selama lebih kurang 30 menit, setelah itu barulah dibersihkan dengan menggunakan air hangat.

Bacaan lainnya : Ciri Ciri Kanker Kulit di Bagian Wajah

  1. Pelembab dari Lidah Buaya

Pelembab alami berikut yang juga dapat mengatasi permasalahan kulit berminyak adalah pelembab dari Lidah Buaya. Pada umumnya Lidah Buaya sering dimanfaatkan untuk memberi nutrisi tambahan bagi rambut, sehingga terlihat lebih subur dan sehat. Akan tetapi tanaman herbal satu ini juga dapat Kamu manfaatkan sebagai pelembab wajah. Caranya penggunaannya cukup mudah, Kamu hanya perlu mengoleskan gel dari Lidah Buaya ke wajah Kamu. Tunggu hingga maksimal 30 menit agar senyawa pada gel tersebut bereaksi mengatasi persoalan kulit wajah Kamu. Setelah itu barulah Kamu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

  1. Pelembab dari Alpukat

Alpukat, siapa yang tidak kenal dengan buah-buahan satu ini. Buah ini terbilang cukup mudah dikenal dari sisi bentuknya dan banyak dijual di pasaran. Alpukat sendiri telah sejak lama dikenal sebagai pelembab wajah alami. Kandungan senyawa herbalnya telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai persoalan kulit wajah, termasuk mengatas wajah yang berminyak dan berjerawat. Untuk hasil yang maksimal dari pelembab buah satu ini, Kamu dapat menambahkan beberapa bahan lainnya seperti Madu dan Minyak Zaitun. Kupas bersih Alpukat secukupnya, kemudian haluskan. Selanjutnya campurkan Madu secukupnya pada Alpukat yang telah dihaluskan tadi, lalu aduk hingga tercampur merata. Oleskan campuran Alpukat dan Madu pada area wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, Kamu dapat membersihkan dengan menggunakan air hangat.

  1. Pelembab Minyak Zaitun

Pelembab untuk Kulit berjerawat dan berminyak selanjutnya adalah Minyak Zaitun. Barangkali minyak satu ini sudah sangat Kamu kenal. Minyak ini telah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan banyak orang. Terkait dengan perannya sebagai pelembab wajah, Minyak Zaitun telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Senyawa aktif di dalamnya terbukti ampuh dalam mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Di samping itu pula, minyak ini juga mampu membantu wajah Kamu terlihat lebih awet muda. Cara menggunakan Minyak Zaitun sebagai pelembab wajah cukup sederhana, Kamu hanya perlu mengoleskan Minyak Zaitun secukupnya pada area wajah. Oles secara merata dan biarkan selama 30 menit. Setelah bilaslah dengan air hangat hingga bersih.

 

Pelembab yang cocok untuk Kulit Berjerawat

Pada dasarnya jerawat dapat disebabkan karena berbagai hal. Salah satu penyebab terbesarnya adalah karena kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan diri khususnya wajah. Ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, tentu partikel-partikel debu akan dengan mudah menempel di wajah Kamu. Jika tidak dibersihkan, maka partikel debu ini akan menjadi awal timbulnya jerawat. Di samping itu pula, Jerawat juga dapat disebabkan oleh faktor genetik, stabilitas hormon, maupun aktivitas mikroba. Namun tidak perlu khawatir, Jerawat yang ada pada wajah dapat Kamu atasi dengan menggunakan beberapa pelembab wajah berikut ini.

  1. Pelembab Mentimun

Pada dasarnya Mentimun termasuk salah satu jenis bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Mentimun dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan baik bagi kesehatan kulit, seperti Vitamin A dan Vitamin E. Pelembab dari mentimun ini tidak hanya dapat mengatasi jerawat, namun juga dapat mengatasi keriput dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Jika tertarik untuk menggunakan pelembab ini, Kamu hanya perlu menghaluskan Mentimun secukupnya. Kemudian tambahkan beberapa tetes Madu alami dan diaduk hingga tercampur merata. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit, kemudian dibilas hingga bersih.

  1. Pelembab Madu

Pelembab untuk Kulit Berjerawat yang satu ini telah terkenal keampuhannya dalam mengatasi masalah jerawat. Madu alami diketahui mengandung senyawa aktif yang memiliki sejuta khasiat bagi kulit wajah. Senyawa aktif Madu dapat mengatasi jerawat, menyamarkan bekasnya, membantu regenerasi sel kulit mati, hingga menghapuskan komedo dari wajah. Kamu hanya perlu mengoleskan Madu secara rutin pada wajah dan dibiarkan selama beberapa menit. Kemudian Kamu bilas dengan air hangat hingga bersih. Maka secara perlahan kulit wajah Kamu akan terbebas dari persoalan jerawat.

  1. Pelembab dari Tomat

Pelembab untuk kulit berjerawat berikutnya yang dapat Kamu gunakan dalam mengatasi kulit berjerawat adalah pelembab dari Tomat. Pada dasarnya buah satu ini sering kali digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Namun, ternyata Tomat juga memiliki khasiat dalam mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin C dan senyawa lainnya yang akan membantu memberi nutrisi pada wajah. Untuk menggunakan pelembab Tomat ini Kamu hanya perlu menghaluskan beberapa buah Tomat dan menambahkan Minyak Zaitun secukupnya. Setelah halus, oleskan secara merata ke seluruh area wajah. Biarkan selama lebih kurang 30 menit, barulah Kamu bilas hingga bersih.

  1. Pelembab dari Wortel

Pelembab alami terakhir khusus kulit berjerawat adalah pelembab dari Wortel. Tanaman satu ini dikenal memiliki khasiat dalam mengatasi jerawat dan juga dapat membantu membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Kamu dapat menggunakan pelembab ini dengan cara menghaluskan beberapa Wortel dan mengoleskannya ke wajah. Diamkan selama lebih kurang 20 menit agar nutrisinya dapat terserap sempurna, kemudian barulah dibersihkan.

Nah, itulah tadi beberapa Pelembab untuk Kulit Berjerawat dan berminyak yang dapat Kamu gunakan. Sebelum menggunakan pelembab-pelembab di atas, sebaiknya bersihkan dulu wajah Kamu dari sisa-sisa kotoran yang menempel. Demikianlah, semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi Kamu untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selamat mencoba.

Check Also
manfaat kunyit untuk kecantikan
Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wanita

Manfaat kunyit untuk kecantikan belum banyak diketahui oleh wanita. Selain untuk kesehatan, ternyata kunyit banyak …