Cara Penanganan Luka Bakar di Tubuh

Penanganan Luka Bakar Ringan

Penanganan luka bakar yang tepat perlu diketahui dan diperhatikan dengan baik. Luka bakar tidak boleh disepelekan, maka dari itu penanganan dengan cara alami bisa dilakukan untuk hasil terbaik.

Penanganan luka bakar secara alami harus kamu ketahui agar saat sewaktu-waktu terkena luka, kamu bisa mengatasinya dengan baik dan benar. Luka bakar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Terlebih jika kamu merupakan seorang yang bekerja berhubungan dengan api seperti juru masak, pekerja pabrik, tukang las, petugas listrik atau mahasiswa yang setiap hari bertemu dengan listrik atau api. Kamu perlu berhati-hati agar tidak terkena luka bakar yang disebabkan oleh berbagai peralatan yang ada di sekitarmu. Nah, jika itu terjadi lalu apa yang harus kamu lakukan?

Penanganan Luka Bakar Ringan

Saat ini banyak orang beranggapan bahwa ketika terkena luka bakar maka harus dioles dengan pasta gigi, namun hal itu justru tidak boleh dilakukan. Mengoles pasta gigi justru akan membuat kulit kamu terkena infeksi dan justru lebih parah. Jika kamu terkena luka bakar ringan, maka bisa disembuhkan dengan berbagai cara alami. Berikut cara menangani luka bakar ringan dengan cara alami:

  1. Kentang

Kentang dapat kamu racik menjadi obat alami untuk luka bakar yang menyerang. Kentang merupakan cara yang praktis dan efisien karena tidak perlu proses yang rumit. Kamu bisa menggunakan kentang mentah untuk mendinginkan luka tersebut karena kentang bersifat anti inflamasi. Kamu bisa menggunakan kentang dengan cara mengiris tipis kentang tersebut kemudian kamu tinggal menempelkan kentang ke luka bakar.

  1. Madu

Madu juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk pertolongan pertama luka bakar. Madu terbukti telah memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit dan masalah wajah. Kali ini madu berfungsi menangani luka bakar. Penggunaannya yaitu madu dioleskan pada kulit yang terkena luka bakar kemudian madu tersebut didiamkan hingga kulit kamu menjadi dingin.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung gel yang berfungsi mengatasi berbagai masalah pada tubuh. Dalam hal ini lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan iritasi kulit secara alami. Lidah buaya mengandung polifenol, saponin, tanin, dan flavanoid yang dapat mencegah berbagai masalah kulit. Selain itu, lidah buaya juga bisa menghilangkan bekas luka bakar kamu nanti.

  1. Air kelapa dan kunyit

Paduan antara air kelapa dengan kunyit akan membuat bahan alami yang bisa dijadikan obat luka bakar. Ramuan tersebut dapat mendinginkan panas dan juga mencegah munculnya bekas luka yang melepuh. Cara membuatnya yaitu pertama haluskan kunyit serta kapur sirih dan ditambah air kelapa. Aduk dan kemudian oleskan racikan tadi pada luka bakar yang kamu alami. Menggunakan air kelapa serta kunyit merupakan cara yang manjur untuk kamu coba.

Baca Juga : Khasiat Tomat untuk Wajah Agar Tetap Cantik

  1. Es batu

Meski kamu tidak diperbolehkan mengatasi luka bakar dengan air es, tetapi kamu bisa menggunakan es batu untuk menyembuhkan luka bakar dengan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi iritasi. Jangan menaruh es batu langsung pada kulit yang terkena luka bakar, tetapi gunakan kain sebagai perantara. Es batu diletakkan di kain yang bersih kemudian kain dilipat hingga membungkus es batu dan kamu bisa menempelkannya pada kulit yang terluka. Untuk mengompres luka bakar dengan es batu ini yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh mendiamkannya selama lebih dari 15 menit.

Penanganan Pertama Luka Bakar

Penanganan luka bakar tidak boleh sembarangan dilakukan karena bila asal menangani justru akan membuat luka tersebut semakin parah. Jika kamu mengalami luka bakar, maka kamu harus tahu bagaimana cara meredakan luka tersebut. Maka dari itu kamu memerlukan tips pertolongan pertama. Berikut penanganan pertama pada luka bakar:

  1. Cuci dengan air

Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk meredakan luka bakar yaitu membilasnya dengan air. Bilas luka bakar yang mengenai kulitmu dengan air mengalir agar luka bisa mendingin secara perlahan. Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu tidak boleh menggunakan es untuk meredakan luka bakar karena justru akan menyebabkan infeksi pada kulit kamu. Gunakan saja air yang mengalir dan dingin agar luka bakar panas bisa dingin secara maksimal.

  1. Tutup luka dengan perban

Hal yang kedua untuk pertolongan luka bakar yaitu menutup luka bakar dengan perban. Gunakan perban yang memang khusus medis agar bisa menutup luka secara maksimal. Jangan kamu gunakan perban berbahan kapas atau bahan lain yang dapat menempel pada kulit yang terkena luka. Kemudian kamu jangan mengikat perban pada luka secara erat-erat. Ikat dengan cukup saja tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendur agar tidak terjadi tekanan yang berlebih pada luka.

  1. Lepas aksesoris pada tubuh

Jika kamu menggunakan aksesoris pada tubuh seperti perhiasan atau pakaian, maka segera lepaskan aksesoris tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang lebih parah. Namun, jangan melepas pakaian atau memaksa melepas sesuatu dimana luka bakar tersebut berada. Solusinya yaitu kamu bisa menggunting pakaian yang tidak menempel pada luka kemudian pakaian yang terdapat di luka jangan kamu paksa untuk dilepas.

  1. Jangan gunakan bahan kimia

Jika kamu mengalami luka bakar, jangan gunakan barang seperti pasta gigi, kopi, air es, mentega, atau kecap untuk menyembuhkan luka bakar. Dengan menggunakan bahan tersebut justru akan memperparah keadaan dan menyebabkan infeksi pada kulit. Jangan terpengaruh dengan isu seperti bahwa dengan mengoles pasta gigi akan menyembuhkan luka bakar dan sebagainya. Sebaiknya kamu ketahui dahulu kebenarannya dari berbagai sumber.

  1. Jangan pecahkan gelembung

Ketika kamu mengalami luka bakar, maka akan timbul gelembung berisi air di dalamnya. Gelembung tersebut jangan kamu pecahkan terlebih dahulu. Tentu akan risih sekali dengan hadirnya gelembung tersebut namun kamu juga harus sabar menunggu hingga gelembung memang waktunya untuk dipecahkan.

  1. Rujuk ke RS

Apabila luka bakar yang diderita cukup parah dan mengalami luka bakar dengan tingkat kepanasan yang tinggi, maka akan lebih baik jika kamu membawanya ke rumah sakit. Jangan kamu menyiramnya menggunakan air dingin atau air es karena justru akan menyebabkan hypothermia pada penderita atau penurunan suhu pada tubuh yang akan berdampak buruk. Lalu kamu bisa menggunakan perban atau handuk basah yang sudah steril guna menutupi sementara dari luka bakar tersebut.

Selain cara di atas masih banyak lagi cara yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit. Namun, cara di atas merupakan hal yang paling mudah dilakukan saat kondisi genting. Perlu diingat apabila luka bakar cukup parah segera melakukan tindakan medis dengan penanganan di rumah sakit. Tak hanya itu, agar tidak terkena luka bakar, maka kamu harus berhati-hati saat berada di tempat yang terdapat api. Jangan sampai penanganan yang salah akan merugikan kamu. Itulah tadi beberapa cara penanganan luka bakar secara alami yang telah dijelaskan secara rinci. Semoga bermanfaat.

Check Also
manfaat kulit melinjo bagi kesehatan dan ibu hamil
Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat kulit melinjo tidak hanya sedap untuk tambahan sayur saja. Di bidang kesehatan kulit melinjo …