Penyakit Kulit dan Obatnya Apa Saja?

Penyakit kulit dan obatnya harus diketahui oleh masyarakat umum. Hal itu agar masyarakat tahu jenis-jenis penyakit kulit dan bagaimana cara mengobatinya

Kesehatan kulit harus selalu dijaga. Mengingat kulit setiap orang berbeda sensitivitasnya, terkadang penyakit kulit menjadi tak terhindar. Perlu kamu ketahui bahwa penyakit kulit memiliki banyak jenisnya. Setiap jenis memiliki ciri-ciri dan penyebab yang berbeda dari yang lainnya. Jadi tidak heran jika tiap jenis penyakit kulit memiliki penanganan sendiri-sendiri. Oleh karena itu, jenis penyakit kulit dan obatnya harus kamu ketahui agar tak salah dalam memberi obat. Sama-sama kulit gatal tapi penyebabnya berbeda tentu penanganannya juga berbeda. Jika salah bisa-bisa tidak sembuh tapi malah bertambah parah.

penyakit kulit dan obatnya

 

Kumpulan Jenis Penyakit Kulit dan Obatnya secara Alami


Mengobati penyakit kulit secara alami bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Obat alami bisa dimanfaatkan untuk penderita penyakit kulit yang sensitif terhadap obat pabrikan. Bagi orang yang kulitnya sensitif biasanya jika tidak cocok dengan suatu obat maka kulitnya akan iritasi dan menimbulkan gangguan kulit yang lain. Oleh karena itu, obat kulit secara alami memiliki banyak manfaat karena hampir tidak memiliki efek samping jika digunakan secara tepat. Berikut jenis penyakit kulit dan obatnya secara alami.

  1. Mengobati Kurap dengan Lidah Buaya

Gel lidah buaya bisa menjadi obat penyakit kurap secara alami. Gel lidah buaya dikenal sebagai antibiotik yang bisa membabat habis jamur dan infeksi kulit. Caranya adalah dengan mengupas kulit lidah buaya hingga tinggal gelnya saja. Kemudian oleskan ke kulit kamu yang terkena kurap. Sensasi dingin yang akan dirasakan setelah mengoles gel lidah buaya akan mengurangi sensasi gatal yang sering disebabkan oleh kurap.

Baca Juga : Manfaat Masker Pisang dan Madu yang Harus Kamu Ketahui

  1. Mengobati Panu dengan Lengkuas

Panu adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Tanda yang terlihat saat seseorang menderita panu adalah dengan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit yang terkena jamur. Penyakit panu bisa disembuhkan dengan lengkuas. Cara mengobatinya adalah dengan mencacah rimpang lengkuas yang masih segar. Jika sudah terlihat serat-seratnya, kemudian gosokkan ke kulit yang terkena panu.

  1. Mengobati Bisul dengan Daun Sirih

Penyakit bisul bisa disebabkan oleh infeksi pada kulit. Bisul memang salah satu penyakit kulit yang sangat mengganggu. Bisul bisa muncul dengan benjolan kemerahan dan rasanya akan sakit sampai seakan di seluruh badan. Penyakit Bisul ternyata bisa diobati dengan menggunakan daun sirih. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa lembar daun sirih yang masih segar, kemudian cuci bersih. Setelah dicuci, tumbuklah hingga menjadi halus. Hasil tumbukan dioleskan ke kulit yang terkena bisul.

  1. Mengobati Eksim dengan Minyak Kelapa

Bagi orang yang menderita penyakit kulit eksim, maka kondisi kulitnya akan muncul ruam merah disertai gatal. Eksim tidak hanya mengenai sebagian kulit saja melainkan bisa menyerang seluruh tubuh. Eksim yang sudah parah akan menyebabkan kulit seakan melepuh dan retak-retak. Minyak kelapa bisa menjadi obat alami eksim yang ampuh. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke bagian kulit yang terkena eksim secara teratur. Serta kamu juga bisa mengonsumsi minyak kelapa murni sebanyak 2 sampai 4 sendok per hari.

  1. Mengobati Gatal Alergi dengan Kunyit dan Daun Sambiloto

Gatal alergi adalah penyakit kulit yang masih terhitung ringan. Terkadang terdapat kasus gara-gara mengonsumsi makanan atau terkena sesuatu bisa membuat kulit gatal-gatal dan muncul ruam-ruam merah. Jika terjadi alergi maka jangan sekali-sekali digaruk karena dapat membuat luka pada kulit. Cukup dengan mengoleskan kunyit tua yang sudah ditumbuk bersama daun sambiloto. Ramuan tersebut akan meredakan gatal yang disebabkan oleh alergi.

 

Jenis Penyakit Kulit dan Obatnya secara Medis

Penyakit kulit juga bisa diobati oleh obat-obat seperti krim dan sebagainya. Obat-obat ini bisa dijumpai di apotek-apotek terdekat di kotamu. Biasanya setiap penyakit kulit memiliki penyebab yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mengobati secara medis artinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu, penyakit kulit tersebut disebabkan oleh apa dan obat apa yang tepat untuk mengatasinya. Keuntungan dari obat medis adalah karena dapat mengobati penyakit kulit dengan resep yang sudah dianjurkan oleh dokter.  Berikut ini adalah jenis penyakit kulit dan obatnya secara medis.

  1. Mengobati Kurap dengan Krim Miconazole

Krim miconazole merupakan obat untuk penyakit kurap yang disebabkan oleh jamur. Obat ini memiliki kandungan anti jamur yang dapat membasmi jamur yang terdapat di kulit kamu. Krim Miconazole dapat dijumpai di apotek-apotek terdekat. Cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan krim Miconazole ke bagian kulit yang terinfeksi kurap. Lakukan hal tersebut sebanyak 2—3 kali sehari.

  1. Mengobati Jamur Kulit dengan QnC Jelly Gamat

Penyakit jamur kulit sangatlah mengganggu. Jamur kulit inilah yang menjadi cikal bakal penyakit kulit lainnya seperti kurap, panu, kudis dan lain sebagainya. QnC Jelly Gamat dapat membasmi jamur kulit yang menginfeksi kulit kamu dengan kandungan antiseptiknya. Kulit yang terinfeksi jamur biasanya akan rusak dan menimbulkan bekas. Kandungan kolagen pada QnC Jelly Gamat bisa meregenerasi kulit yang rusak akibat jamur kulit hingga tak berbekas. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan QnC Jelly Gamat ke kulit yang terinfeksi jamur. Kemudian biarkan cairan obat mengering. Setelah dibiarkan beberapa menit, basuh kulit dengan menggunakan air hangat.

  1. Mengobati Panu dengan Butenafine Hydrichloride

Obat Butenafine Hydrichloride adalah obat panu yang berbentuk salep. Obat ini bisa menghilangkan panu sampai ke akarnya. Butenafine Hydrichloride bisa ditemukan di apotek-apotek terdekat. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan salep tersebut ke area yang terkena panu. Baca aturan pakai untuk hasil yang lebih maksimal. Penyakit panu pada kulit seringkali membuat kamu tidak percaya diri, oleh karena itu harus cepat diobati.

  1. Mengobati Alergi dengan Obat Oral Kortikosteroid

Rasa gatal akibat alergi tentu berbeda penanganannya dengan gatal karena penyakit jamur. Biasanya gatal karena alergi bisa menyerang seluruh tubuh, oleh karena itu, diobati salep saja tidak cukup. Obat Oral Kortikosteroid adalah jenis obat yang dikonsumsi jika kamu menderita gatal-gatal karena alergi. Di dalam tubuh Oral Kortikosteroid akan membasmi bakteri dan kuman di seluruh tubuh. Sebaiknya kamu mengonsumsi obat ini setelah berkonsultasi kepada dokter. Pastikan kamu mendapat resep yang tepat karena obat Oral Kortikosteroid tidak bisa dikonsumsi jangka panjang.

Jenis penyakit kulit sebenarnya banyak sekali penyebabnya. Selain karena jamur dan alergi, penyakit kulit juga bisa disebabkan oleh kebersihan diri yang tidak terjaga. Oleh karena itu, cegahlah penyakit kulit dengan menerapkan pola hidup yang bersih. Mengobati penyakit kulit secara alami maupun medis sama-sama memiliki tujuan untuk menyembuhkan. Jika secara medis penyakit kulit dan obatnya harus sesuai dengan instruksi dokter dan resep yang dianjurkan oleh dokter. Kalau tidak seperti itu bisa-bisa obat yang seharusnya menyembuhkan malah menyebabkan iritasi kulit. Hal itu bisa saja terjadi akibat kulit yang sensitif terhadap zat-zat tertentu. Demikian obat penyakit kulit secara alami dan medis untuk kamu. Semoga bermanfaat.

Check Also
manfaat kulit melinjo bagi kesehatan dan ibu hamil
Manfaat Kulit Melinjo Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat kulit melinjo tidak hanya sedap untuk tambahan sayur saja. Di bidang kesehatan kulit melinjo …