Salep Gatal untuk Bayi Dibawah 1 Tahun

Salep gatal untuk bayi merupakan obat gatal yang harus selalu siap sedia khususnya untuk kamu yang memiliki bayi di bawah 1 tahun. Kulit bayi yang masih sangat rentan membuatnya mudah terkena bakteri dan infeksi yang menyebabkan gatal-gatal, untuk itu kondisi ini harus segera ditangani.

Salep gatal untuk bayi di bawah 1 tahun bermacam-macam. Salep ini sangat diperlukan untuk membantu mengatasi rasa gatal-gatal pada bayi akibat alergi atau penyebab lainnya. Gatal-gatal pada bayi sebaiknya jangan dianggap sepele, karena jika hal ini dibiarkan dan tidak segera diobati dapat menimbulkan penyakit lain yang lebih serius. Seperti infeksi dari bakteri yang dapat menyebabkan korengan pada kulit bayi dan berisi nanah. Untuk mencegahnya, selain harus selalu menjaga kebersihan bayi, kamu juga harus selalu sedia salep untuk mengatasi gatal-gatal pada bayi.

salep gatal untuk bayi 

Ini Dia Salep Gatal untuk Bayi 3 Bulan yang Ampuh


Rasa gatal-gatal pada bayi seringkali terjadi akibat biang keringat yang menimbulkan bintik-bintik merah pada kulit bayi. Rasa gatal yang tidak segera ditangani dapat membuat bayi menjadi rewel dan mudah menangis karena rasa tidak nyaman. Untuk menanganinya, bagi bayi usia 3 bulan yang sering mengalami gatal-gatal, kamu perlu salep bayi berikut ini:

Salep calamine

Salep calamine memiliki kandungan agent yang berfungsi untuk membantu meringankan rasa gatal-gatal seperti biang keringat pada bayi. Obat ini aman digunakan pada bayi yang berusia 3 bulan. Biang keringat pada bayi cenderung menimbulkan rasa panas dan gatal sehingga bayi akan rewel karena merasa tidak nyaman. Calamine ini dapat memberikan sensasi sejuk pada kulit karena mengandung menthol. Untuk penggunaannya, oleskan pada area kulit bayi yang gatal secukupnya. Namun sebelumnya, bersihkan dan keringkan terlebih dahulu area kulit bayi yang terkenal alergi dan gatal-gatal. Jangan pernah menggunakan salep ini ketika kulit bayi sedang lembab atau basah.

Salep Hidrokortison

Jika kondisi gatal-gatal pada bayi sudah terlihat parah, seperti timbulnya inflamasi yang membuat kulit menjadi merah dan muncul bintil yang bisa menyebabkan rasa gatal disertai perih. Hidrokortioson memiliki kandungan steroid yang bisa membantu meringankan inflamasi kulit dengan reaksi yang cepat. Gunakan krim ini sedikit saja, dan oleskan secara tipis pada bagian kulit bayi yang terkena inflamasi ataup biang keringat. Gunakan secukupnya dengan teratur. Jika dalam waktu 7 hari rasa gatal akibat inflamasi dan biang keringat tidak kunjung membaik, segera periksakan bayi kamu ke dokter kulit untuk ditangani dengan tepat.

Baca Juga : Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wanita

Salep Mico Z

Gatal-gatal pada bayi salah satunya bisa diakibatkan dari popok yang terlalu lama digunakan hingga menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit bayi. Salep Mico Z memiliki kandungan seng oksida atau zink oksida yang bermanfaat sebagai astringent. Zat ini dapat memproteksi kulit dari eksim atau dermatitis. Dan nistatin yang memiliki sifat anti jamur, dan dapat membantu meringankan rasa gatal dan menyembuhkan kulit kemerahan yang gatal akibat popok.

Salep Elecon

Salep Elecon dapat digunakan untuk bayi yang menderita alergi gatal-gatal yang cukup lama. Salep ini tidak berbahaya selama digunakan sewajarnya. Biasanya salep ini digunakan 2 kali dalam sehari untuk meringankan gatal-gatal dan menyembuhkan luka akibat infeksi bakteri penyebab gatal-gatal pada kulit bayi.

 

Apa Saja Salep Gatal untuk Bayi 1 Tahun yang Tepat? Berikut Penjelasannya

Bayi sangat rentan terkena alergi yang membuat kulitnya menjadi terlihat kemerahan dan menimbulkan rasa gatal-gatal. Faktor dari penyebab kulit gatal-gatal bisa dari berbagai hal, seperti dari faktor makanan, debu, lingkungan bayi yang kurang bersih, keringat, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi kondisi gatal-gatal pada bayi tentunya tidak boleh menggunakan salep yang sembarangan. Karena salep gatal untuk orang dewasa tentunya berbeda dengan yang biasa digunakan untuk bayi. Berikut adalah beberapa salep gatal untuk bayi usia 1 tahun yang tepat dan aman digunakan:

Salep kulit Guci Pusaka

Salep ini terbuat dari bahan-bahan organik yang murni sehingga sangat aman digunakan untuk bayi. Karena bahan-bahannya tidak terbuat dari bahan kimia, salep ini aman jika tertelan. Kegunaan dari salep ini dapat mengatasi masalah gatal-gatal akibat alergi, eksim, gigitan serangga, infeksi jamur dan bakteri, biang keringat, dan lain sebagainya. Untuk itu salep tersebut sering menjadi rekomendasi banyak orang karena selain aman, juga efektif untuk membantu penyembuhan kulit yang gatal pada bayi. Untuk memperolehnya, kamu bisa membelinya di apotik ataupun secara online.

Salep Kortikosteroid

Salep kortikosteroid seperti hydrocortisone dapat mengobati berbagai masalah gatal pada kulit bayi yang berusia 1 tahun. Diantaranya gatal akibat ruam popok, ataupun eksim. Selain itu, salep ini juga cocok untuk mengobati gatal akibat terkena gigitan serangga. Penggunaannya hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu 2 hingga 4 minggu saja untuk menghindari terjadinya efek samping yang membahayakan kulit bayi.

Salep Inerson

Salep inerson memiliki sifat anti inflamasi, anti eksudatif, anti alergi, dan anti proliferasi yang dapat meringankan penyakit gatal akibat eksim,gatal akibat terkena gigitan serangga, dan infeksi lainnya. Untuk penggunaannya, kamu bisa mengoleskan salep ini sebanyak 2 kali sehari, pengobatan menggunakan salep ini tidak boleh lebih dari 4 minggu karena dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Salep Bethamethasone topical

Salep bethamethasone memiliki fungsi untuk meredakan gejala inflamasi kulit yang diakibatkan oleh beberapa gejala seperti alergi, dermatitis, dan eksim. Salep ini cocok digunakan pada kulit yang gatal, namun tidak boleh digunakan pada kulit ketiak, selangkangan, dan kulit wajah.

Salep Kalcinol

Salep kalcinol memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi penyakit dermatitis. Di dalam salep  ini terkandung fluocinolone acenotide sebanyak 0025% yang cukup efektif untuk meredakan penyakit gatal-gatal akibat dermatitis. Obat ini biasanya diberikan setelah dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengingat penggunaannya tidak boleh sembarangan.

Salep Denature

Salep denature terbuat dari bahan-bahan alami. Salep ini aman digunakan pada bayi usia 1 tahun yang mengalami gatal-gatal akibat eksim, alergi, infeksi jamur dan bakteri, parasit, biang keringat dan lain sebagainya. Kulit bayi yang gatal-gatal dapat menyebabkan luka dan iritasi jika digaruk terus-menerus. Salep denature dapat membantu meringankan dan menyembuhkan rasa gatal-gatal pada kulit bayi dan mengurangi kemerahan pada kulit. Namun jika setelah diberikan salep kondisi bayi tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih baik dan tepat.

Kondisi gatal-gatal pada bayi memang cukup mengkhawatirkan, terlebih lagi jika kondisi ini tidak kian mereda. Sebagai orang tua tentunya kamu perlu waspada jika kondisi gatal-gatal ini berlangsung lama. Pada bayi dengan umur di bawah 1 tahun memang masih sangat rentan terkena alergi dan infeksi karena kulitnya yang sangat sensitif. Kondisi gatal-gatal ini dapat membuat kulitnya menjadi tampak bintik-bintik kemerahan bahkan hingga luka karena digaruk terus-menerus. Untuk membantu meredakan kondisi ini, beberapa salep gatal untuk bayi yang telah disebutkan di atas dapat menjadi solusi yang ampuh dan cukup efektif.