Salep untuk Luka Bakar Khusus Anak-Anak

Salep untuk luka bakar khusus anak-anak di bawah ini adalah produk perawatan luka bakar yang sangat direkomendasikan. Terbuat dari bahan alami dan tidak menimbulkan efek samping, salep ini akan membantu mempercepat penyembuhan luka bakar pada anak.

Di usia anak-anak adalah usia dimana bermain dan mengekplorasi adalah hal yang sangat wajar. Namun terkadang rasa penasaran dan kegiatan bermain yang dilakukan anak-anak bisa melukai mereka sendiri. Tak jarang anak-anak mendapatkan luka saat bermain, mulai dari luka kecil bahkan hingga luka bakar. Hal tersebut tentu sangat mengkhawatirkan, apalagi luka bakar yang bisa menimbulkan bekas. Kamu bisa menggunakan salep untuk luka bakar untuk mengobati luka bakar yang dialami anak-anak. Salep ini selain bisa mengobati luka bakar agar tidak infeksi juga bisa menghilangkan bekas luka bakar yang sulit hilang.

salep luka bakar untuk anak dan bayi

5 Salep Untuk Luka Bakar Khusus Anak Yang Aman


Luka bakar biasanya disebabkan karena terbakar atau terkena benda-benda panas. Luka ini tak bisa dianggap remeh karena jika tidak ditangani dengan benar maka bisa menimbulkan infeksi. Apalagi untuk kulit anak-anak yang masih rapuh dan sensitif. Selain menimbulkan infeksi, luka bakar ini nantinya juga meninggalkan bekas luka yang tidak bisa hilang. Nah, untuk menghindari dampak tersebut, Kamu harus segera memberikan perawatan jika anak Kamu mengalami luka bakar. Memberikan obat berupa salep adalah pertolongan pertama yang tepat. Berikut ini adalah beberapa salep luka bakar yang bisa Kamu gunakan untuk mengatasi luka bakar pada anak-anak.

Baca Juga : Manfaat Setrika Wajah untuk Kecantikan

1. Bioplacenton
Salep ini adalah salep luka bakar yang paling mudah ditemui dan mungkin paling banyak digunakan. Salep luka bakar ini banyak digunakan untuk mengatasi jenis luka bakar grade 1. Kandungan ekstrak plasenta dan antibiotik yang ada di dalam salep ini sangat direkomendasikan untuk mengobati luka bakar yang menyebabkan kulit mengelupas. Selama ini salep ini dikenal digunakan untuk orang dewasa, namun juga aman digunakan untuk anak-anak.

2. Burnazin
Obat luka bakar selanjutnya yang aman untuk diberikan pada anak-anak adalah Burnazin. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi luka bakar yang sudah mencapai pada tahap ke 2 atau tiga. Manfaat salep ini salah satunya adalah bisa menanggulangi serta mencegah timbulnya sepsis pada luka yang disebabkan oleh luka bakar. Sepsis ini biasanya timbul pada luka bakar pada tingkat keparahan 2 atau 3.

3. Enbatic
Enbatic merupakan salep untuk mengobati luka bakar yang cukup banyak digunakan. Di dalam salep ini terdapat kandungan antibiotik yang memiliki peran berbeda, yaitu untuk menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab infeksi serta membunuh bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan penyakit kulit lainnya. Salep ini aman digunakan oleh anak-anak karena berbentuk obat luar (topikal) sehingga tidak akan meresap ke dalam jaringan mukosa pada kulit.

4. Metcovazin
Ketika timbul luka bakar pada permukaan kulit, maka bagian kulit yang terdapat luka tentu harus diberi perawatan khusus. Metcovazain ini adalah salep untuk luka bakar berbentuk krim yang tidak meresap ke dalam kulit. Manfaat dari krim ini adalah untuk menjaga kelembaban di daerah sekitar luka agar tetap pada kelembaban yang optimal. Selain itu, kandungan antibiotik pada salep ini juga bermanfaat untuk bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan infeksi. Salep Metcovazin ini juga bisa digunakan untuk semua jenis luka.

5. Sulfamylon Cream
Salep ini adalah obat luka bakar selanjutnya yang bisa Kamu gunakan untuk anak-anak. Kandungan Mafinede acetate di dalam krim atau salep ini memiliki manfaat mengurangi resiko terhadap penyebaran mikroba dan bakteri ke bagian kulit lainnya yang akhirnya bisa menimbulkan infeksi. Salep ini juga direkomendasikan untuk mengatasi luka bakar terutama pada derajat luka bakar kedua dan ketiga serta juga bisa mencegah luka bakar agar tidak mengalami penebalan.

 

Salep Luka Bakar untuk Bayi yang Masih Sensitif

Luka bakar tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak dengan usia di bawah lima tahun pun bisa mengalami luka bakar. Berbeda dengan perawatan luka bakar pada orang dewasa, perawatan luka bakar untuk anak-anak terutama balita juga berbeda. Hal ini karena kulit balita cenderung masih sensitif sehingga membutuhkan perawatan khusus. Nah, untuk mengatasi luka bakar pada balita, berikut ini adalah beberapa salep untuk luka bakar yang bisa Kamu berikan pada anak-anak usia balita.

1. Nutrimoist
Nutrimoist adalah salah satu salep luka bakar yang bisa Kamu berikan pada anak-anak terutama yang masih berusia balita. Salep ini terbuat dari ekstrak herbal yang bermanfaat untuk menangani berbagai jenis luka termasuk luka bakar. Kandungan ekstrak Panax ginseng di dalamnya berkhasiat untuk melembabkan kulit serta memberikan nutrisi pada kulit yang terluka sehingga proses regenerasi sel kulit yang rusak bisa dipercepat dan proses penyembuhannya pun bisa lebih cepat. Kandungan alami sebagai bahan utama pembuat salep ini membuatnya bisa digunakan oleh anak-anak terutama balita.

2. Bioderm
Salep satu ini adalah salep luka bakar yang aman digunakan untuk mengobati luka bakar, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Kandungan Gentamicin Sulfate yang terdapat di dalam salep ini secara aktif mampu mengatasi infeksi yang bisa diakibatkan karena luka bakar. Dengan mengoleskan salep ini secara teratur akan membantu mempercepat penyembuhan luka bakar pada balita.

3. Minol
Jika obat luka bakar lain biasanya dalam bentuk salep atau krim, maka obat satu ini berbentuk minyak. Salah satu komposisi pembuatnya adalah minyak atsiri yang bermanfaat untuk menyembuhkan dan mengatasi luka bakar tanpa menimbulkan efek perih. Dengan begitu aman digunakan untuk anak-anak terutama balita. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, gunakan minyak ini pada kulit di sekitar luka sebanyak 3-5 kali dalam sehari.

4. Salep Lidah Buaya
Sesuai dengan namanya, salep ini terbuat dari bahan utama aloe vera atau lidah buaya. Berdasarkan bahan pembuatnya inilah salep ini sangat direkomendasikan untuk mengobati luka bakar pada anak-anak terutama balita. Salep ini ampuh digunakan untuk mengatasi luka bakar terutama luka bakar tingkat dua. Dengan menggunakan salep ini, proses penyembuhan luka bakar bisa lebih cepat dibandingkan dengan krim lain.

5. Nebacetin
Salep terakhir yang bisa direkomendasikan untuk mengatasi luka bakar pada balita adalah Nebacetin. Salep ini merupakan jenis obat luar yang memiliki fungsi untuk mencegah timbulnya infeksi karena luka bakar. Salep ini aman diberikan untuk anak-anak karena tidak menimbulkan efek samping. Hal tersebut karena Nebacetin ini adalah salep yang tidak meresap ke dalam jaringan mukosa kulit, sehingga aman digunakan.

Luka bakar yang disebabkan karena panas yang mengenai kulit ini tentu memerlukan perawatan berbeda dibandingkan dengan jenis luka lain. Selain mengobatinya dari dalam, bekas luka bakar juga bisa menimbulkan potensi infeksi pada bagian kulit lain yang tidak terluka atau justru pada luka itu sendiri. Apalagi jika luka itu menyerang anak-anak dengan kulit yang lebih sensitif. Nah, obat berbentuk salep adalah perawatan luka bakar yang paling direkomendasikan untuk mengatasi jenis luka ini. Beberapa jenis salep untuk luka bakar di atas adalah beberapa jenis salep yang bisa Kamu gunakan untuk mengatasi luka bakar yang dialami anak-anak. Selain terbuat dari bahan alami, salep-salep tersebut juga tidak menimbulkan efek samping sehingga aman untuk digunakan.

Check Also
ruam hiv gatal atau tidak pada kulit
Ruam HIV dan Pengobatannya

Ruam HIV merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada pengidap HIV. Meski begitu, hal ini …